3 Makanan Khas Kabupaten Gresik yang Bisa Kamu Coba

Berkunjung ke kota baru yang belum dikunjungi sebelumnya, sebaiknya kamu menjajalnya mulai dari tempat wisata hingga mencoba aneka kuliner khasnya. Salah satu tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi adalah Gresik. Ketika berwisata  ke Gresik, tidak afdol jika tidak mencicipi berbagai kuliner yang ada. Terutama kabupaten Gresik yang memang dikenal dengan tempat yang memilki kuliner khas yang sangat lezat dan selalu dikenang, berikut ulasannya.

Makanan Khas Gresik yang Harus Dicicipi

  1. Nasi Krawu Khas Gresik

Kamu tentu pernah melihat nasi krawu yang banhak dijual di pasaran. Namun apa bedanya dengan nasi krawu dari Gresik ? yang membedakan nasi krawu Gresik dengan yang lainnya adalah resep yang digunakan.  Nasi krawu berisi ayam suwir, serundeng, sambal petis khas Gresik, dan belacan. Selain itu, anda bisa menambahkannya dengan lauk lain seperti belut, babat, paru goreng, sus, ataupun semur usus sapi. Pilihan lauknya yang banyak inilah, yang menjadikan nasi krawu istimewa.

  1. Otak Otak Bandeng Khas Gresik

Di Gresik juga dikenal memiliki kuliner otak otak bandeng dengan cita rasa lezat. Bahkan otak otak bandeng ini bisa dijadikan sebagai buah tangan yang unik untuk kerabat anda, sebab tidak semua kota yang menyediakan lauk untuk dibawa pulang. Selain rasanya yang bisa membuat lidah bergoyang, kuliner ini juga telah terjamin keamanannya. Bahkan tidak jarang warga sekitar memproduksinya sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan bahan pengawet.

  1. Sego Romo Khas Gresik

Jika dilihat dari tampilannya, sego romo dari kabupaten Gresik mirip dengan bubur sumsum. Namun jangan salah, warna orange yang ada di atas nasinya adalah cabe serta sangrila udang yang dibuat denga cara ditumbuk hingga halus. Sego romo juga dihidangkan dengan cara yang unik, yaitu disajikan dengan pincuk yang terbuat dari pelepah pisang, Karena disajikan seperti itu, rasa nasi semakinkhas dan tidak akan terlupakan.

Dapat merasakan makanan khas dari berbagai daerah memang sangat menyenangkan. Terutama jika saat pertama kali mencoba, kamu sudah menemukan tempat kuliner yang memiliki rasa menggoyang lidah. Gresik pun sebaiknya tidak ketinggalan untuk dicicipi, sebab daerah ini dikenal memiliki kulliner dengan cita rasa yang sangat nikmat. Tidak hanya itu saja, kuliner Gresik ini memiliki varian yang cukup banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *