Apa Itu Analisis Laporan Keuangan?

Bagi perusahaan, analisis laporan keungan memiliki peranan yang penting. Analisis ini dapat memberikan informasi dengan lebih detail terkait laporan keuangan pada perusahaan. Hal ini tentunya berguna bagi para investor dalam menginvestasikan dananya.

Keberadaan analisis pada laporan keuangan tidak hanya menunjukkan keuntungan serta kerugian yang dialami dalam bisnis, tetapi juga kondisi finansial perusahaan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas mulai dari pengertian hingga jenis-jenisnya.

Pengertian Analisis Laporan Keuangan

Analisis laporan keuangan merupakan proses analisis yang mengacu pada laporan keuangan suatu usaha atau perusahaan. Adapun beberapa hal yang berada dalam laporan keuangan meliputi data mengenai keuntungan dan kerugian, serta neraca  dan laba rugi.

Sedangkan dalam analisisnya akan diuraikan secara mendalam dan lebih detail mengenai kondisi keuangan perusahaan. Data ini bisa digunakan untuk mengetahui prospek yang dapat dikembangkan perusahaan sesuai dengan SOP perusahaan.

Tidak hanya itu, datanya juga dapat digunakan investor untuk mengetahui perkembangan perusahaan. Analisis dari data laporan keuangan tersebut penting untuk digunakan dalam mengambil keputusan.

Analisis ini biasanya berisi data kuantitatif maupun non kuantitatif. Data tersebut yang nantinya akan digunakan untuk melihat hubungan yang signifikan antara satu dengan yang lainnya. Sehingga informasi yang diberikan lebih mendetail sampai unit terkecil.

stocksnap.io

Tujuan Analisis Laporan Keuangan

Dalam pembuatan analisis pada laporan keungan terdapat beberapa tujuan yang melatarbelakanginya. Adapun beberapa tujuannya adalah sebagai berikut:

Menggali Informasi Keuangan di Perusahaan

Salah satu tujuan penting dari analisis pada laporan keuangan adalah menggali informasi keuangan pada perusahaan dengan lebih mendalam. Tujuan ini biasanya digunakan untuk investor dalam mempertimbangkan untuk investasi yang akan dilakukannya.

Sealin itu, informasi yang didapatkan juga dapat digunakan untuk mengetahui perkembangan serta alur keuangan perusahaan. Hal ini tentunya merupakan hal penting pada setiap perusahaan.

Menilai Kinerja Perusahaan

Analisis pada laporan keuangan dapat berguna untuk menilai kinerja suatu usaha atau perusahaan. Hasil analisis tersebut juga dapat menjadi acuan dan pertimbagan untuk melihat kekurangan pada kinerja perusahaan melalui laporan laba rugi.

pickjumbo.com

Memprediksi Potensi

Keberadaan analisis pada laporan keuangan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi pada perusahaan. Hal itu karena dalam analisisnya akan menguraikan kondisi keungan perusahaan secara menyeluruh.

Sehingga, peluang dalam meminimalisir kesalahan dapat dihindari. Tidak hanya itu informasi mengenai prospek perusahaan di masa mendatang juga dapat mulai dikembangkan.

Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Analisis dari pembuatan laporan keuangan berisi seluruh informasi yang berguna bagi perusahaan terkait keuangan atau akuntansi. Melalui data tersebut perusahaan dapat menggunakannya sebagai salah satu acuan dalam mengambil keputusan.

Hal ini juga berguna bagi investor, investor dapat mengambil keputusan mengenai investasi yang dilakukannya dengan melihat data ini. Selain itu data pada laporan ini juga digunakan pemerintah untuk menentukan besarnya pajak yang ditanggung perusahaan.

stocksnap.io

Jenis Analisis Laporan Keuangan

Terdapat tiga jenis analisis pada laporan keuangan yang umum digunakan, yaitu analisis horizontal, vertikal, dan rasio. Berikut adalah penjelasannya:

1.    Analisis Horizontal

Analisis horizontal merupakan presentase perbandingan data keuangan pada tahun terakhir dengan data keuangan di tahun-tahun sebelumnya. Pada analisis ini akan di kumpulkan laporan keuangan dari masing-masing pos terkait untuk dilihat penurunan dan kenaikannya.

Selanjutnya hasil dari presentase tersebut akan dibandingkan dengan laporan keuangan dari periode sebelumnya. Analisis ini bersifat komparatif dengan membandingkan dua atau lebih laporan keuangan.

2.    Analisis Vertikal

Analisis vertikal merupakan analisis pada laporan keuangan dengan cara membandingkan hubungan setiap komponen dalam satu laporan keuangan. Pada analisis ini, presentase dibuat berdasarkan pada jumlah total dalam laporan keuangan.

Analisis vertikal pada umumnya digunakan untuk mengetahui untung dan rugi pada perusahaan. Hal akan lebih memudahkan dalam mengemukakan informasi pengeluaran dan keuntungan yang berbeda.

3.    Analisis Rasio

Analisis rasio merupakan analisis yang digunakan untuk mengetahui hubungan dari berbagai angka pada neraca dan laba rugi. Pada analisis ini juga dapat digunakan untu mengetahui catatan akuntansi yang dibuat oleh akuntan.

Analisis ini dilakukan dengan membandingkan antara dua kuantitas yang berbeda. Rasio digunakan untuk memakili suatu angka yang berkaitan dengan lainnya. Terdapat empat contoh rasio yang umum digunakan, yaitu profitabilitas, likuiditas, efisensi, dan solvabilitas.

Itulah penjelasan singkat mengenai analisis laporan keuangan. Informasi yang diberikan oleh analisis ini dapat digunakan untuk melihat dan mengatasi masalah keuangan pada perusahaan dan bagaimana mencegahnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *