Thursday, February 20
Shadow

Bahaya Jamur bagi Kesehatan Yang Harus Diketahui

Mold muncul dalam bentuk noda hitam di dinding dapur dan kamar mandi. Hidup dengan jamur di dalam rumah bukan merupakan hal yang menyenangkan karena jamus ini dapat menyebabkan dampak serius pada kesehatan kita.

Seperti yang kita semua tahu, jamur dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang dan dapat memperburuk asma jika pasien melakukan kontak dengan jamur. Menurut Profesor Connie Katelaris dari Departemen Imunologi dan Alergi di Western Sydney University, jamur tersebut dapat menyebabkan asma pada orang dengan sistem kekebalan yang melemah karena genetika. Misalnya, jika orang tua rentan terhadap alergi dan ini ditularkan kepada anak-anak mereka, anak itu berisiko tinggi terkena asma jika jamur tertentu muncul di rumah.

Para ilmuwan mengamati 36 jenis jamur yang dikumpulkan dari sampel debu dalam rumah dan menemukan tiga jenis jamur yang sering muncul di rumah dengan sistem air yang rusak.

Alergen umum lainnya termasuk partikel debu di udara, kecoak, atau bulu anjing dan kucing, tetapi di antaranya hanya jamur mold vs mildew ada yang dapat menyebabkan efek berbahaya untuk kesehatan.

pixabay.com

Bagaimana jamur mempengaruhi kesehatan

Mold dan mildew adalah seperti jamur dan ragi lain yang ditemukan di mana-mana, di debu di sekitar rumah atau di udara yang kita hirup.

Jamur bereproduksi dalam bentuk pembelahan diri, yang menghasilkan spora dan menyebar di udara. Ketika Anda menghirup jamur, tubuh Anda merespons dengan cara yang sama seperti menghirup debu atau serbuk sari. “Anda bernapas di dalamnya terdapat spora dari jamur dan spora jamur tersebut dapat menyebabkan alergi karena jamur yang kita hirup merangsang antibodi tertentu, yang menyebabkan rantai manifestasi alergi yang mirip dengan reaksi tubuh ketika menderita demam atau asma, ”kata Profesor Katelaris.

Jamur adalah bahaya kesehatan jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Orang dengan sejumlah kondisi seperti cystic fibrosis (penyakit genetik yang umum, lendir yang berkembang di paru-paru dan pankreas yang menyebabkan gangguan pernapasan dan pencernaan) atau pneumonia kronis Sistem kekebalan tubuh jika dihirup jenis cetakan tertentu.

Jamur dapat mengandung racun dalam komposisi tubuhnya atau memiliki kemampuan untuk menghasilkan racun yang berbahaya bagi kesehatan, tetapi sejauh ini kami belum memiliki pemahaman yang komprehensif tentang masalah ini, kata Katelaris.

pixabay.com

Jamur di Rumah Merpakan Bahaya Yang Tidak Terlihat

Sayangnya, kita tidak selalu dapat melihat jamur, jamur dapat berasal dari tempat-tempat di mana terdapat air bocor karena kesalahan teknis dalam konstruksi dalam rumah, kata Katelaris.

 

“Di rumah-rumah yang digunakan untuk penelitian, ditemukan bahwa banyak jamur yang tidak dapat kita lihat ketika memeriksa rumah-rumah ini,” katanya.

“Hal terpenting yang dapat kita lihat dari percobaan adalah metode konvensional tidak berfungsi. Untuk mengatasi masalah jamur, perlu untuk mengatasi kesalahan dalam konstruksi daripada hanya membeli produk untuk membunuh jamur dan menggosok jamur di dinding. ”

pixabay.com

Metode untuk membersihkan dan mencegah jamur menyebar di dalam rumah

Cara terbaik untuk menangani jamur adalah mencegahnya dari kelembaban di dalam rumah, jadi penting untuk segera menemukan dan merawat tempat-tempat lembab di rumah sesegera mungkin seperti memperbaiki kebocoran pada atap, kebocoran dalam sistem air, jendela atau yang lainnya. Kalian perlu menjaga area basah di mana jamur memiliki peluang untuk tumbuh. Peralatan kamar mandi, binatu, dan dapur seperti pengering pakaian, mesin cuci, dan mesin pencuci piring semuanya bisa menjadi tempat yang ideal untuk pertumbuhan jamur, jadi jaga agar tetap kering dan bersih dari genangan air, sering membuka jendela, memasang kipas untuk membatasi jamur dan kelembaban.

Agen anti-jamur di supermarket hampir tidak seefektif yang direkomendasikan pada iklannya. Bahan yang paling umum dalam pembersih jamur di rumah adalah pemutih. Bahan pemutih dapat merusak permukaan tempat yang perlu kita bersihkan dan malah bisa menciptakan lingkungan yang menguntungkan untuk pertumbuhan jamur. Jenis-jenis anti jamur yang dijual di supermarket hanya menghilangkan jamur dari permukaan tanpa benar-benar membunuh jamur sampai ke akarnya.

Jika Anda ingin membersihkan jamur, gunakan kain lembab untuk menyeka dengan produk anti jamur, tetapi cuka atau alkohol juga merupakan solusi yang efektif untuk mengurangi jamur di sekitar rumah. Namun, untuk masalah yang lebih besar terkait dengan jamur, Anda memerlukan bantuan dari para ahli kebersihan dan kesehatan untuk menghilangkannya.

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk membantu mencegah dan mengendalikan jamur di rumah seperti :

  • Bersihkan jamur pada permukaan yang keras dan jaga permukaan tetap kering: gunakan banyak ember air dan kain pel saat membersihkan untuk menghindari kontaminasi ulang.
  • Batasi penggunaan bahan higroskopis untuk dekorasi interior seperti karpet, tirai kain, …
  • Gunakan kipas angin atau jendela terbuka saat memasak, mandi atau mencuci piring
  • Sebaiknya gantung pakaian di luar saat menjemur pakaian

Itulah tadi beberapa informasi yang dapat kami sampaikan tentang bahaya jamur bagi kesehatan yang biasanya terdapat di tempat-tempat lembab yang ada di rumah. Semoga dengan adanya artikel ini kesehatan keluarga bisa terjaga dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *