Cara Agar Tidak Bau Mulut Saat Puasa

Menginjak bulan ramadhan, setiap muslim tentunya diwajibkan berpuasa. Nah karena mesti puasa, tentu seseorang mesti menahan diri dari makan dan minum, sekaligus tidak menyikat gigi di siang hari. Alhasil, aroma mulut jadi kurang sedap. Bau mulut memang tidak menyiksa penderitanya secara fisik, namun seorang yang mulutnya bau akan merasa tidak nyaman, khususnya saat berkumpul dengan banyak orang. Nah bagi Anda yang ingin aroma mulutnya tetap fresh saat puas, coba deh cek beberapa cara agar tidak bau mulut saat puasa berikut ini!

 

Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat. Makanan tinggi karbohidrat dapat menghasilkan zat keroten pada lambung, dan aroma dari zat keroten naik hingga mulut. Nah untuk meminimalisirnya, konsumsi makan-makanan rendah karbohidrat, sehingga aroma keroten pun tidak terlalu tercium.

 

Jangan Lupa Konsumsi Sayuran Saat Sahur

Cara paling mudah lainnya dalam mengatasi bau mulut adalah dengan memperbanyak asupan sayuran saat sahur. Sayuran seperti brokoli, wortel, lobak memiliki karbohidrat yang sangat rendah. Saat dikonsumsi, sayuran hijau dapat menghasilkan alkaline pada tubuh,s sehingga tingkat keasaman pun bisa stabil. Tingkat keasaman yang stabil dapat menghindarkan seseorang dari bau mulut.

 

Minum 1,5 Liter Air Sehari

Jangan lupa, Anda ‘pun mesti mengkonsumsi air minimal 1,5 liter sehari pada saat setelah buka hingga imsak. Air dapat membantu area mulut agar tetap basah, sehingga bakteri pun tidak dapat berkembang dengan baik. Selain itu, air juga dapat membuat pencernaan menjadi stabil, dan aroma-aroma aneh pun tidak menyembul pada mulut. Minuman berenergi, minuman soda dan minuman kaleng lainnya memiliki kandungan citric acid yang dapat mengakibatkan mulut menjadi bau. Sebaiknya Anda mengkonsumsi air bersih daripada mengkonsumi minuman-minuman lainnya.

 

Mengunyah Daun Peterseli atau Mint

Jika Anda ingin menghilangkan bau mulut dengan efektif, Anda bisa menggunakan cara ini. Kunyah beberapa daun mint atau daun peterseli pada saat malam hari. Kandungan chlorophyll pada kedua daun tersebut dapat menyegarkan mulut, selain itu kandungan antiinflamasi pada keduanya dapat menumpas bakteri pada area mulut.

 

Nah itulah beberapa cara agar tidak bau mulut saat puasa. Selain cara-cara di atas, jangan lupa untuk menjaga pola makan dan gaya hidup Anda, semoga bermanfaat ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *