Tips Cara Memakai Cadar Paling Simpel

Penampilan wanita muslimah yang telah berbusana syar’i, akan semakin lengkap jika menggunakan cadar, sebab kain ini bisa menutup pada bagian  wajah. Selain  kelebihannya untuk menutup aurat,  wanita muslimah telah menunaikan kewajiban sesuai dengan perintah Al qur’an sekaligus  terhindar dari fitnah. Untuk menambah kenyamanan saat menggunakan cadar, yuk simak tips cara memakai cadar berikut.

Tips Menggunakan Cadar Agar Nyaman Digunakan

Gunakan Ciput Agar Tidak Mudah Lepas

Penggunaan ciput di kepala muslimah bercadar memang dibutuhkan. Untuk kenyamanan masing masing pengguna, kamu bisa memilih berbagai macam model ciput yang cocok sesuai dengan keinginan. Ketika menggunakan ciput, maka jilbab tidak akan mudah untuk bergeser dari betuknya semula. Tidak hanya itu saja, ciput dapat membantumu untuk merapikan rambut yang ada di atas dahi, sehingga rambut tersebut tidak keluar dari jilbab.

Ada sebagian muslimah yang mungkin belum terbiasa menggunakan ciput, akan merasa pusing ketika pertama kali mencobanya. Hal ini tidak mengerankan, karena fungsi dari ciput sendiri adalah untuk menekan rambut agar tidak keluar dari jilbab. Oleh kerena itu, pilihlah ciput yang sesuai dengan kenyamanan masing masing. Kamu boleh saja tidak menggunakan ciput ketika mengenakan jilbab, namun pastikan bahwa rambut yang ada di atas dahu tidak keluar.

unsplash.com

Memahami Fungsi Utama Dari Penggunaan Cadar

Perlu diketahui bahwa, penggunaan utama dari cadar bukanlah sebagai tren semata. Sebab wanita muslimah yang mengetahui cara memakai cadar dan menggunakannya,  menyadari bahwa penggunaan cadar untuk menyempurnakan ibadahnya dan sebagai bentuk kesadaran diri. Selain itu, menggunakan cadar disebut sesuai dengan syariat agama Islam. Jangan karena mengikuti fashion jilbab yang sedang tren, lantas kamu mencobanya sebagai penampilan pada saat acara tertentu.

Cadar saat ini, memang memiliki berbagai macam bentuk dan warna yng menarik perhatian. Bahkan cadar semakin nyaman digunakan, karena terbuat dari bahan tertentu dengan tekstur lembut ketika tersentuh oleh kulit. Bahkan, ada jenis cadar yang tidak mudah berkibar ketika terkena angin kencang sekalipun. Namun bukan berarti, cadar bisa dijadikan sebagai tren fashion yang harus diikuti, lantaran fungsi utama cadar bisa saja terkikis oleh tren yang ada.

pexels.com

Memilih Cadar Dengan Jenis Bahan Tepat

Jenis hijab yang digunakan dan cara memakai cadar, sangat menentukan kenyamaan. Hal ini dikarenakan kain yang digunakan sebagai cadar,akan menutupi seluruh bagian muka dan tubuh wanita muslimah, kecuali pada bagian mata saja. Apabila pemilihan bahan yang tidak tepat, bisa membuatmu tidak nyaman. Terutama jika kamu beraktifitas seharian di luar ruangan dengan pemilihan cadar yang kurang tepat, akan membuatmu kepanasan dan kulit tergores akibat kain cadar yang kasar.

Ketika cadar yang digunakan membuatmu merasa panas dan kasar ketika menyentuh kulit, maka akan mengganggu aktifitas yang ada. Ketika membeli cadar, ada baiknya memperhatikan bahan yang digunakan hingga panjang dari cadar tersebut. Cara mudahnya adalah dengan menyentuhnya langsung, atau bahkan meminta izin kepada pemilik toko untuk mencoba cadar tersebut. Cobalah mencari cadar dengan bahan satin, bahan sik, dan sebagainya.

pexels.com

Tidak Menggunakannya Berlebihan

Ajaran Islam mengatakan bahwa,semuanya yang berlebihan itu tidak baik. Ternyata hal ini juga berlaku untuk memakai cadar agar tidak berlebihan. Sebab, pemakaian cadar harus sesuai dengan syariat, sehingga tidak menimbulkan citra buruk bagi muslimah yang mengenakannya. Tidak hanya itu saja, penggunaan cadar diharuskan sesuai dengan hadist mengenai cara memakai cadar yang tepat. Karena cadar memiliki arti menutup wajah muslimah, kecuali pada bagaian wajah.

Jagalah Kesehatan Rambut Dan Kulit

Jika kamu membayangkan bahwa, memakai jilbab syar’i dan penggunaan ciput dapat merusak rambutmu maka sebuah kesalahan besar. Hal ini justru kebalikannya, sebab  cadar justru membuat kesehatan rambut beserta kulit rambut harus terjaga dengan baik. Bukan berarti ketika kamu menutup seluruh badan, lantas mengabaikan dan melupakan pentingnya kesehatan tubuhmu sendiri.

Fungsi utama dari cadar, adalah untuk menutup aurat sekaligus menghindari fitnah bagi seorang wanita muslimah. Karena tidak terlihat, anda justru perlu untuk merawatnya lebih. Karena kesehatan tubuh merupakan salah satu hal penting untuk dilakukan, ketika kesehatan tubuh terjaga, maka secara tidak langsung kamu menyayangi tubuhmu sendiri. Kamu bisa menggunakan shampo khusus hijab, agar hasilnya lebih maksimal.

pexels.com

Perlunya Menyetrika Purdah

Agar tampilanmu terlihat rapi dan wangi, kamu bisa menyetrika cadar tersebut. ketika purdah atau jilbab lebar telah disetrika, memudahkannya untuk digunakan. Tidak hanya menyetrika, kamu juga perlu memperhatikan cara yang benar untuk mencuci jilbab agar awet digunakan. Ketika cadar telah disetrika, maka cara memakai cadar pun terasa mudah, terutama jika menggunakan pelembut ketika proses pencucian berlangsung.

Sebagian orang meyakini bahwa, menggunaakan cadar yang dipadukan dengan french khimar disebut menyempurnakan berbusana secara syar’i. Selain karena adanya perintah dari Al qur’an,penggunaan cadar ini memiliki manfaat yang baik bagi para wanita muslimah sendiri. Misalnya, wanita akan  terhindar dari adanya fitnah, terhindar dari pandangan mata dari lawan jenisnya, sekaligus bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari ketika melakukan aktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *