Tuesday, February 25
Shadow

Cara Menghitung Volume Setengah Bola dan Luas Permukaan Bola

Bola merupakan salah satu jenis bangun ruang yang sama sekali tidak dibatasi sisi. Pada titik ditengah bola, jika diputar utuh akan membentuk putaran 360 derajat. Dan untuk menemukan volume setengah bola dan luas permukaannya, pastinya membutuhkan rumus dalam memperhitungkan semuanya.

Bagi Anda yang ingin menghitung semua bagian bola, memang harus mengetahui ukuran dari jari-jari, diameter dan rumus lengkap keduanya secara lengkap. Rumus yang bisa digunakan antara lain akan dibahas dalam penjelasan dibawah ini.

Rumus Menghitung Volume Setengah Bola

Sebagai bahan untuk memperhitungkan rumus volume sengah bola, terlebih dulu harus ada acuan dalam penerapannya. Anda harus menghitung lebih dulu keseluruhan volume bola, lakukan kegiatan berikut ini.

  • Siapkan wadah yang memiliki entuk setengah bola dengan jari-jari (r) sebagai wadah 1. Siapkan juga wadah dengan bentuk kerucut dengan jari-jari dan tinggi 2r sebagai wadah 2.
  • Kemudian isikanlah pasir di wadah 2 hingga penuh.
  • Berikutnya silahkan pasir dalam wadah 2 dipindahkan ke wadah 1.

Dapat diketahui jika pasir dalam wadah pada setengah bola sama sekal tidak mengalami perubahan. Hal ini menunjukkan jika bangunan setengah bola dan bagian kerucut sama memiliki jari-jari sama. Tinggi kecurut pun juga sama jika dikalihan dari jari-jarinya.

Maka dapat disimpulkan jka volume setengah bola sama dengan volume kerucut. Sehingga dapat ditarik rumus:

1/2 volume bola = 1/3 πr2t

volume bola = 2/3πr2(2r)  jadi rumus kesemuruhan volume bola adalah  4/3πr3.

Sedangkan untuk menghitung nilai dari volume setengah bola adalah

Lsb = ½ x 4.π.r2 = 2.π.r2

Pada saat akan mencari rumus permukaan setengah bola tentu saja ada pembanding yang harus digunakan. Jika dalam penelitian sejumlah ahli, bola yang dijabarkan akan membentuk bangun persegi panjang. Hal ini membuktikan jika dalam sistematika perhitungannya bisa menjadi pembanding sama.

Luas permainan setengah bola = luas persegi panjang = 2π r2

Itulah bagimana cara sederhana yang bisadigunakan dalam mencari dan menentukan volume setengah bola dan luas permukaannya. Semoga dapat memberikan tambahan wawasan bagi Anda semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *