Saturday, March 28
Shadow

Fakta Menarik Dari Belut MOA atau Ikan Sidat

Ikan sidat atau Belut MOA merupakan sejenis ikan yang sekilas terlihat mirip dengan belut. Ikan sidat memiliki beberapa nama yang berbeda setiap daerah di Indonesia. Ada yang menyebutnya ikan uling, belut moa, ikan larak, ikan pelus, ikan luncah dan masih banyak lagi nama lainnya.

 

Sebenarnya jika diamati secara seksama, ikan sidat dan belut memiliki beberapa perbedaan salah satunya adalah sidat memiliki sirip dada, dan juga sirip ekor yang menyatu sempurna dengan tubuhnya. Berikut ini ada beberapa fakta menarik mengenai ikan sidat yang membedakannya dengan belut dan mungkin belum banyak diketahui orang. Darapada berlama-lama langsung saja simak informasi tentang fakta menarik dari ikan sidat dibawah ini.

Fakta Menarik Dari Belut Moa Ikan Sidat

Bentuk tubuh

Salah satu perbeddan antra ikan sidat dan belut dapat kalian lihat pada tubuhnya. Ikan sidat memiliki sirip yang ada pada bagian dekat kepalanya. Bahkan tidak sedikit orang yang menganggap sirip itu sebagai telinga. Selain itu ikan sidat juga memiliki sisik yang ada pada tubuhnya.

 

Sedangkan belut tidak memiliki sirip dan sisik seperti ikan sidat. Bahkan selurh tubuhnya dipenuhi dengan lendir, hal itulah yang menyebabkan belut susah untuk dipegang dan licin.

Habitat hidupnya

Habitatnya sendiri, ikan sidat bisa hidup di air tawar dan dan air asin. Selain itu ikan sidat juga tidak memerlukan lumpur. Hal itu berbeda dengan belut yang lebih menyukai tempat yang berlumpur serta dapat hidup didaerah yang memiliki kandungan oksigen rendah. Maka tidak heran belut sering ditemukan di area persawahan dan juga rawa yang berlumpur.

Jenis spesies

Ikan sidat memiliki jenis yang cenderung lebih beragam di Indonesia. Kurang lebih ada 6 jenis ikan sidat yang ada di Indonesia, namun secara keseluruhan di seluruh dunia jenis ikan sidat memiliki 18 jenis spesies.

Berbeda dengan belut yang hanya terdiri dari 3 jenis spesies yang ada di Indonesia yaitu belut sawah, belut rawa dan belut laut.

Tempat yang bagus untuk hidup

Ikan sidat sebaiknya dibudidaya ataupuun dipelihara  pada kondisi tanah yang padat dan juga dekat dengan sumber mata air. Sedangkan belut lebih cocok untuk dibudidaya pada tempat ataupun tanah yang mengandung humus ataupun berlumpur .

 

Berdasarkan informasi diatas, tentu kalian akan lebih tahu lagi mengenai perbedaan antara ikan sidat dan belut. Walaupun sekilas terlihat sama ternyata ikan sidat dan belut memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *