Saturday, March 28
Shadow

Fungsi Daun Telinga Pada Manusia Yang Sangat Penting

Bisa mendengarkan sebuah suara dan meresponnya dengan baik adalah sebuah keajaiban dari indra pendengaran yang berfungsi normal. Memiliki indra pendengaran yang masih berfungsi dengan normal adalah anugrah yang harus kita syukuri. Melalui telinga kita bisa mendengarkan suara-suara orang yang kita sayangi dan memberikan respon yang sesuai dan baik bagi mereka. Salah satu bagianyang penting dari telinga adalah daun telinga atau pina. Bagian ini merupakan bagian telinga luar yang membatasi bagian luar kepala dengan saluran telinga. Bagian ini peling rawan dan bisa dibilang banteng pertahanan pertama bagi keamanan indra pendengaran. Fungsi utamanya adalah untuk mengumpulkan suara dan dapat memprbesar suara lalu mengarahkannya ke saluran telinga.

Saat suara memantul pada daun telinga, suara juga akan mengalami proses penyaringan yang akan memberikan informasi mengenai lokalisasi suara, efek dari openyaringan suara ini adalah untuk memilah suara-suara yang ada di frekuensi manusia. Daun telinga juga bisa menyelekski frekuensi suara yang berbeda-beda. Seperti yang kita ketahui tidak semua suara bisa kita dengar, hal ini karena frekuensi suara mempengaruhi daya terima telinga. Ada suara-suara yang tidak bisa diterima oleh telinga kita, jika tidak bisa diterima maka suara ini tidak tersaring di daun telinga. Fungsi lainnya juga bisa meningkatkan amplitudo gelombang suara. Gelombang suara yang masuk sebenarnya memiliki amplitude yang kecil, oleh karena itu amplitudo dari gelombang suara yang di dengar perlu diperkuat dari daun telinga itu sendiri.

Melalui strukturnya daun telinga juga bisa mengetahui sumber lokasi suara. Pada daun telinga terdapat syaraf-syaraf yang dapat mendeteksi sumber lokasi suara berasal, jadi jangan heran ya kalau kita bisa menemukan sumber suara yang di dengar dan refleks menoleh. Nah fungsi lain yang sering tidak diketahui adalah menyeimbangkan tekanan udara, perbedaan tekanan udara bisa saja membuat telingamu terasa sakit. Ini akan terasa saat kamu melakukan perjalanan dengan pesawat, perbedaan tekanan udara akan membuat telinga terasa sakit. Daun telinga bisa meningkatkan tekanan udara sekitar dan membuatmu tidak kesakitan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *