Thursday, February 20
Shadow

Alasan Mengapa ISO 28000 Penting Diterapkan Dalam Bisnis

ISO menjadi salah satu standar yang wajib untuk dimiliki oleh sebuah perusahaan yang ingin produk dan jasanya bersaing secara global. Berbicara tentang standar ISO tentu sebagian dari Anda yang bekerja dalam sebuah perusahaan baik skala kecil maupun skala besar tentu sudah sering mendengar dengan standar manajemen yang satu ini.

Seperti yang diketahui, ada banyak sekali jenis ISO yang mana masing-masing memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda-beda. Salah satu jenis ISO yang wajib untuk Anda ketahui adalah ISO 28000. Dari beberapa jenis yang tersedia, sistem manajemen mutu ISO yang bisa dikatakan cukup terkenal adalah ISO 28000. Lalu apa saja kegunaan dari sistem manajemen ini. Simak ulasan berikut ini.

Mengenal Lebih Jauh Tentang ISO 28000

pexels.com

Pengertian ISO 28000

Standar Manajemen Mutu atau ISO 28000 merupakan sebuah standar internasional yang berkaitan dengan sistem manajemen keamanan rantai pasokan. Perlu diketahui, standar ISO 28000 ini dapat diterapkan pada berbagai industri seperti jasa, transportasi, manufaktur, energi, kelautan dan masih banyak lagi.

Dalam penerapannya sertifikat ISO ini menyediakan sebuah kerangka kerja yang mana bernilai untuk organisasi yang menerapkannya. Dengan adanya standar manajemen ini diharapkan dapat mengurangi risiko terjadinya insiden keselamatan dan juga membantu pengiriman bebas masalah.

Selain itu, dengan memiliki ISO 28000 akan membantu perusahaan-perusahaan yang ingin mendapatkan EU AEO. Sertifikat EU AEO sendiri merupakan sebuah sertifikat yang bersifat penting khususnya bagi perusahaan yang ingin melakukan kegiatan ekspor – impor dalam kawasan Uni Eropa.

Keuntungan Memiliki ISO 28000

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan yang memiliki sertifikat ISO 28000 ini. Langsung saja berikut ini beberapa keuntungan yang bisa rasakan oleh perusahaan yang telah menerapkan ISO 28000 terbaru, yaitu:

  1. Dapat meminimalisir terjadinya risiko dan juga dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja yang mana dapat berimbas pada waktu pengiriman yang krusial.
  2. Memangkas biasa perusahaan dengan cara mengidentifikasi insiden potensial secara lebih awal sehingga mampu mengurangi risiko inti perusahaan Anda.
  3. Proses perbaikan akan terus menerus dilaksanakan sehingga dapat memberikan manfaat jangka panjang untuk perusahaan Anda.
  4. Dapat menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut telah melakukan komitmen terhadap keamanan rantai pasokan dan keselamatan pelanggan.

Pentingnya Standar ISO 28000 Bagi Perusahaan

pexels.com

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Salah satu alasan mengapa Anda perlu menerapkan standar ISO 28000 dalam perusahaan yaitu dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Misalnya saja ketika sebuah perusahaan memiliki Sertifikat ISO 9001 yang mana merupakan sebuah sistem manajemen mutu perusahaan. Melalui penerapannya perusahaan memberikan jaminan kualitas dan kredibilitas kepada para pelanggannya.

Kredibilitas di sini dapat dilihat oleh pelanggan atau klien dari prosedur kerja yang diterapkan dalam sebuah perusahaan. Oleh karena penting sekali memastikan prosedur yang diterapkan sudah benar dan sesuai dengan standar. Dengan menerapkan standar yang tepat tentu saja dapat memberikan nilai positif pada kepuasan pelanggan.

Kinerja Karyawan Lebih Optimal

Ketika sebuah perusahaan telah menerapkan sistem manajemen mutu yang bagus dan sesuai dengan standar. Hal tersebut dapat memacu karyawan untuk selalu berusaha menjaga kualitas kinerja, produktivitas dan efisiensi dalam bekerja. Tentunya kinerja yang diterapkan oleh karyawan tersebut sudah disesuaikan dengan standar manajemen mutu yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Meningkatkan Citra Perusahaan

Alasan selanjutnya mengapa menerapkan ISO 28000 sangat penting yaitu dapat meningkatkan citra perusahaan. Ketika sebuah perusahaan telah memiliki standar internasional, maka dapat meningkatkan citra yang lebih positif. Dalam hal ini keuntungannya perusahaannya pun akan semakin dikenal oleh masyarakat.

Jaminan Kualitas Standar Internasional

Dikarenakan standar mutu ini bertaraf internasional maka tidak heran jaminan kualitasnya pun berstandar internasional. Dengan memakai standar internasional ini tentu kualitas perusahaan dan citra perusahaan semakin tinggi.

Mencegah Terjadi Keborosan

Satu lagi keuntungan yang  bisa Anda dapat ketika menerapkan standar ISO 28000 dalam perusahaan yaitu dapat mencegah terjadinya pemborosan.  Saat standar ISO sudah diterapkan dalam sebuah perusahaan akan memungkinkan kinerja perusahaan yang lebih baik sehingga menghemat pengeluaran.

Jadi apabila terindikasi kegagalan dalam produksi atau kinerja yang menurun dapat diantisipasi sedini mungkin. Sehingga dapat mencegah pemborosan biaya akibat masalah-masalah yang muncul tadi.

Nah bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis ke taraf yang lebih luas pastikan untuk menerapkan Sertifikat ISO 9001. Seperti yang diketahui sertifikat ISO 9001 merupakan sebuah standar manajemen mutu yang berstandar internasional. Untuk standar manajemen ini berisikan tentang persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan untuk bisa menerapkan sistem manajemen internasional tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *