Saturday, July 11
Shadow

Toko Online Jual Kurma Berkualitas Terbaik dan Termurah

Buah kurma adalah buah yang berasal dari Teluk Persia dan banyak di budidayakan di berbagai negara di Timur Tengah. Beberapa negara Timur Tengah menjadikan buah kurma sebagai makanan pokok serta komoditas unggulan.

Kurma sudah mulai di budidayakan semenjak ribuan tahun lalu pada zaman Mesopotamia sampai masa mesir pra sejarah dalam kurun waktu sekitar 4000 tahun sebelum masehi.

Oleh bangsa Arab kurma di sebarluaskan ke berbagai negara di seluruh dunia. Kurma memiliki berbagai macam jenis kurtival yang tersebar di beberapa negara di dunia. Buah kurma memiliki bentuk yang berbeda pada masing-masing jenis. Berikut ini adalah beberapa jenis kurtival kurma yang ada di dunia.

pixabay.com

1. Kurma Ajwa

Orang Indonesia biasa menyebut kurma Ajwa dengan nama kurma Nabi. Hal ini merujuk pada hadist nabi yang menganjurkan umat muslim untuk mengkonsumsi buah manis yang satu ini.

Nabi sendiri mengkonsumsi buah kurma Ajwa dalam sehari tiga kali. Kurma Ajwa ini banyak di budidayakan pada dataran tinggi di kota Madinah yang berdekatan dengan kota Najed di Saudi Arabia.

2. Kurma Al-Barakah

Kurma ini banyak tumbuh dan di budidayakan di Saudi Arabia. Bentuk dari kurma ini oval dengan berukuran besar. Rasanya manis dan memiliki isi daging buah yang tebal.

3. Kurma Amir Hajj atau ‘Amer Hajj’

Kurma ini berasal dari negara Irak. Permukaan luar dari buah kurma ini memiliki tekstur yang lembut dengan kulit tipis. Meskipun kulit buah kurma Amir Hajj atau ‘Amer Hajj’ ini tipis, namun isi daging buah dari kurma Amir Hajj atau ‘Amer Hajj’ ini cukup tebal.

Kurma ini sering disebut juga dengan kurma the visitor’s date karena banyak disuguhkan kepada para tamu wisatawan luar di negara Irak.

4. Kurma Barhee

Kurma Barhee memiliki bentuk silinder dengan warna cokelat ketika telah matang sempurna. Isi daging buah dari kurma Barhee ini cukup tebal dengan permukaan luar yang tipis dan memiliki rasa manis yang khas dan berbeda dengan jenis kurma lain.

Tips memilih kurma yang berkualitas

pixabay.com

Karena persaingan industri yang semakin hari semakin meninggi tensinya, terkadang ada banyak produsen kurma yang mencampurkan kurma dengan pemanis buatan. Hal ini tentu saja akan merugikan para konsumen yang membelinya.

Untuk itu kami akan memberikan kepada kamu beberapa tips dalam memilih dan membeli buah kurma yang berkualitas dan tidak oplosan. Berikut ini adalah tips memilih buah kurma yang berkualitas terbaik. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

1. Dari segi warna

Kurma yang berkualitas memiliki warna yang merata keseluruhan nya. Adapun beberapa warna pada buah kurma antara lain adalah kuning, merah, cokelat dan sedikit kehitam-hitaman.

Jika kamu menemukan buah kurma dengan warna yang tidak merata, semisal warna kuning pada bagian atas dan warna cokelat gelap di bagian bawah, bisa saja kurma tersebut sudah tidak segar lagi. Kamu harus memilih buah kurma dengan warna yang merata dan tidak ada kerusakan warna pada permukaan kulit dari buah kurma tersebut.

2. Dari segi fisik

Ada beberapa ciri-ciri fisik yang mencolok dari buah kurma yang terindikasi tidak berkualitas. Semisal buah kurma dengan permukaan luar yang lengket dan juga basah, itu bisa jadi adalah buah kurma yang telah di oplos dengan pemanis buatan.

Ciri lain pada fisik buah kurma yang tidak berkualitas adalah pada bagian kulit dari buah kurma tersebut mengerut berkeriput dan telah mengering. Jika kamu menemukan kurma dengan kulit yang mengerut dan kering mungkin kurma tersebut sudah terlalu lama di simpan oleh penjualnya dan sudah pasti tidak berkualitas dan segar.

Jadi, kamu harus membeli buah kurma yang tidak basah atau lengket serta tidak memiliki kulit luar yang mengeriput dan kering. Itu adalah ciri fisik buah kurma yang berkualitas dan segar.

3. Dari segi kemasan

Di era modern ini buah kurma di jual dengan berbagai macam merk dan di kemas dalam packaging. Nah kamu bisa melihat dari sisi packaging produk buah kurma tersebut untuk mengecek apakah buah kurma tersebut berkualitas atau tidak. Kamu harus memilih buah kurma yang di kemas dalam packaging yang rapi dan rapat.

Karena jika packaging produk kurma tersebut tidak rapat tentu saja akan bisa kemasukan serangga-serangga semisal semut dan lain sebagainya. Kamu juga harus mengecek tanggal kadarluarsa pada kemasan produk kurma tersebut agar tidak salah membeli barang yang telah kadarluarsa.

4. Dari segi ukuran

Ukuran dari buah kurma rata-rata sekitar 3 cm sampai dengan 7 cm dengan diameter sekitar 2 cm sampai 3 cm. Mengetahui ukuran buah kurma menjadi penting untuk mengontrol kandungan gula di dalamnya. Meskipun kandungan gula dalam buah kurma adalah alami, namun tetap saja yang berlebihan tidaklah baik.

Satu buah kurma memiliki bobot sekitar 7,1 gram. Kamu boleh mengkonsumsi buah kurma dalam satu kali jam makan tidak melebihi 40 buah. Jangan berlebihan.

5. Dari segi tempat jual

Menentukan buah kurma berkualitas atau tidak bisa di lihat dari sisi penjualnya apakah pelayanan nya baik atau tidak. Jika kamu mencari tempat grosir kurma yang berkualitas, maka kamu bisa hubungi pasarkurma.com yang telah teruji kualitas produk yang kami jual.

Nah itulah sekilas mengenai kurma. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *