Thursday, February 20
Shadow

Ingin Jualan Makanan? Ini Tips dan Ide Peluang Usaha Makanan Yang Menjanjikan

Bisnis jualan makanan memang tidak pernah ada matinya dan akan terus berkembang dengan munculnya inovasi-inovasi baru. Peluang usaha makanan benar-benar sangat menjanjikan dengan prospek bisnis yang cerah dan juga bagus.

Bisnis makanan sangat menarik untuk digeluti dengan target pemasaran yang luas dan margin keuntungan cukup besar. Jadi tidak mengherankan jika jenis usaha ini sangat diperhitungkan para pebisnis. Dapat terlihat jelas juga bahwa bisnis makanan memang banyak dilirik meski tingkat persaingannya sangat ketat.

Tips Membuka Usaha Makanan

pixabay.com

Membuka usaha makanan tidak hanya sekedar menjual makanan kepada konsumen. Namun lebih dari itu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan secara matang. Oleh karena itu, Anda tidak boleh asal-asalan membuka usaha makanan jika tidak mau merugi. Nah, bagi Anda yang ingin membuka usaha makanan, berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

  1. Tentukan Konsep Usaha Makanan

Tentukan konsep yang unik untuk usaha makanan Anda agar orang penasaran dengan apa yang Anda tawarkan. Konsumen sekarang ini umumnya sudah bosan dengan makanan yang biasa-biasa saja. Untuk itu, buat konsep seunik mungkin baik dalam bentuk foodtruck, kios, kafe ataupun rumahan.

  1. Perhitungkan Dana Awal

Pada bisnis jualan makanan, Anda harus memperhitungkan dana untuk membeli bahan makanan, perlengkapan dan biaya tempat usaha. Jika dana dirasa kurang, Anda bisa memulai bisnis skala kecil untuk kemudian menyisihkan keuntungan untuk modal tambahan. Cara lain, Anda bisa mencari rekan untuk diajak kerja sama atau meminjam modal usaha.

  1. Pilih Lokasi Yang Strategis

Pilihlah lokasi yang sesuai dengan usaha Anda, misalnya menjual jenis makanan ringan di area dekat sekolah atau kampus. Pastikan lokasi yang dipilih mudah untuk diakses dan ramai. Selain itu, pertimbangkan pula persaingan bisnis usaha makanan di lokasi tersebut.

  1. Inovasi Menu

Anda bisa berinovasi dalam sajian menu, mulai dari hal tampilan, rasa, bentuk dan kreasi dalam pembuatan. Semakin menarik menu yang Anda jual maka akan semakin banyak pula orang yang ingin membelinya. Namun pastikan juga Anda menggunakan bahan-bahan berkualitas.

  1. Kelola Keuangan

Dalam menjalankan usaha apapun termasuk makanan, pengelolaan keuangan harus dilakukan dengan tepat dan rinci. Jika Anda merasa kesulitan dalam hal ini, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir untuk mengurusnya.

  1. Strategi Promosi

Ada banyak strategi promosi yang bisa dilakukan untuk menarik pelanggan. Baik secara langsung di lapangan atau melalui platform daring seperti Instagram dan Line. Namun strategi yang paling ampuh ialah promosi dari mulut ke mulut.

Ide Peluang Usaha Makanan

pixabay.com

Jika Anda tidak pintar-pintar melihat celah makanan apa yang akan laris dijual, bukan tidak mungkin usaha makanan Anda akan gulung tikar. Peluang yang besar dan prospek bisnis yang bagus memang tidak menjamin usaha akan laris manis. Untuk itu, jika Anda ingin membuka usaha makanan, berikut ide peluang yang bisa Anda pilih:

  1. Makanan Ringan atau Jajanan

Makanan ringan tidak hanya menyasar satu kalangan tetapi semuanya mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa dan orang tua. Luasnya target pemasaran ini harus diimbangi dengan inovasi makanan ringan yang lain daripada yang lain. Minat terhadap makanan jenis ini juga tak pernah sepi dan cenderung dipilih sebagai camilan daripada makanan sehingga cukup menjanjikan.

  1. Kuliner Tradisional

Di Indonesia ada beragam kuliner tradisional yang khas dari berbagai daerah. Masakan-masakan kuliner ini bisa menjadi peluang yang sangat bagus terutama di masa sekarang ini yang lebih didominasi oleh makanan luar negeri. Anda bisa menjual makanan tradisional dari satu atau beberapa daerah sekaligus.

  1. Makanan Sehat

Perkembangan usaha makanan sehat memang terbilang sangat pesat. Apalagi di Indonesia sendiri yang masyarakatnya sudah mulai aware dengan pentingnya memilih makanan untuk menjaga kesehatan. Ada banyak makanan sehat yang kini bermunculan, seperti poke bowl, salad wraps dan smoothie bowl.

  1. Makanan Pedas

Banyaknya para pecinta kuliner pedas bisa menjadi celah bagi Anda membuka usaha makanan dengan cita rasa pedas. Makanan pedas memang selalu berhasil menarik banyak orang untuk menyantapnya. Jadi peluang usaha makanan pedas untuk sukses akan jauh lebih besar, belum lagi jika dengan menu baru. Makanan pedas memang memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

  1. Makanan Unik dan Kekinian

Anda bisa berkreasi membuat makanan baru dengan inovasi yang belum pernah ada sebelumnya. Menawarkan makanan yang unik akan membuat usaha Anda laris manis. Karena pada umumnya, konsumen pasti akan penasaran dan ingin mencoba seperti apa makanan tersebut. Terlebih lagi jika makanan disajikan dengan tampilan yang menarik dan kekinian.

Itulah beberapa ide peluang usaha untuk Anda jualan makanan. Karena persaingan di bisnis ini sangat ketat, Anda harus terus berinovasi dalam mengembangkan usaha dan mencari cara agar bisnis Anda dapat terus bertahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *