Kabupaten Tuban

Kabupaten Tuban, merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Timur dengan jumlah penduduk  cukup padat yakni sekitar 1, 2 juta jiwa. Kabupaten Tuban terdiri dari 20 Kecamatan. Berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, lokasi Kabupaten ini cukup strategis, dilintasi jalan nasional Deandles Pantura.

Tentang Kabupaten Tuban

Julukan

Kabupaten Tuban memiliki banyak julukan. Antara lain Kota Seribu Goa : terletak di rangkaian pegunungan kapur Utara Tuban dianugerahi alam unik seperti goa-goa. Jumlah goa di Kabupaten ini cukup banyak, sehingga dijuluki kota Seribu Goa.

Kota Koes Plus : Dijuluki demikian, lantaran Grup Musik fenomenal dan Legendaris Koes Plus berasal dari Kabupaten ini.

Bumi Wali : Julukan ini konon berasal dari fakta bahwa Kabupaten Tuban merupakan tempat bertemunya para Walisongo. Bukti pertemuan itu, ditandai dengan terdapat banyak makam para wali di Tuban. Seperti Syaikh Maulana Ibrahim Amaraqandi, Sunan Bonang, Sunan Bejagung, Syaikh Achmad Kholil dan lainya, dan yang bukti lainya, Sunan Kalijaga berasal dari Tuban. Putra Raden Haryo Tumenggung Wilatikta, Adipati Tuban ke-8.

Kota Tuak : Julukan ini lantaran wilayah tuban menjadi tempat tumbuh pohon siwalan. Pojon ini menghasilkan air nira yang jika difrementasi akan menghasilkan tuak dengan kadar alkohol tinggi. Tuak konon bisa membantu menyembuhkan kencing batu.

The Mid-East Of Java : Lokasi Tuban yang berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, sehingga diberikan julukan demikian.

Ekonomi

Roda penggerak utama ekonomi Tuban yakni perdagangan, pertambanhgn dan industri pengolahan. Kawasan Industri Kota Bumi Wali ini mencapai ribuan hektar, tersebar di berabgai wilayah. Beberapa usaha masyarakat yang potensial berkembang antara lain budidaya tanaman seperti kacang tanah, padi. Di sektor perikanan, yakni penangkapan ikan laut. Usaha lainya seperti penggalian batu kapur, budidaya sapi potong juga cukup berkembang.

Tempat Bersejarah

Ada banyak destinasi wisata di Tuban, beberapa diantaranya merupakan tempat bersejarah. Antara lain Masjid Tuban, lokasinya di Kutorejo, Kecamatan Tuban. Masjid ini punya sejarah penting, yakni dijadikan tempat syiar agama Islam oleh Walisongo. Tempat bersejarah lainya yang bisa anda kunjungi adalah Monumen Adpada Pancasila, Monumen Kuda Ronggolawe, Klenteng Kwasn Sing Bio, Tugu Caluk Watumulur dan Patung Letda Sucipto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *