Saturday, March 28
Shadow

Tips Pembuatan Kandang Murai Batu Bagi Para Peternak

Berbicara tentang berbagai macam hobi yang ada di Indonesia, pasti tak akan lengkap jika tidak membicarakan tentang burung murai batu. Burung ini adalah salah satu burung yang cukup banyak dikembangkan oleh masyarakat sebagai salah satu burung peliharaan yang lumayan menguntungkan. Burung ini adalah salah satu jenis burung yang cantik dan memiliki persebaran di kawasan Malaysia hingga pulau Jawa.

Burung ini memiliki warna yang senada dengan alam yaitu dominasi warna hitam pada buku atas dan oranye pada bulu bagian bawah. Jenis burung ini banyak dikembangkan oleh masyarakat untuk diperjual belikan secara bebas. Para peternak burung ini juga tersebar sangat luas di berbagai wilayah di Nusantara. Para peternak biasanya akan membuat kandang murai batu yang luas dan nyaman agar burung-burung tersebut dapat berkembang biak dengan nyaman dan aman.

Para peternak harus memperhatikan berbagai hal sebelum memulai melakukan kegiatan perkembang biakan. Salah satunya adalah masalah kandang. Kandang menjadi faktor utama yang harus diperhatikan oleh para peternak ketika ingin melakukan proses perkembang biakan. Kandang yang memadai juga akan mempercepat proses perkembang biakan burung ini. Karena ini lah seorang peternak burung murai batu harus mempersiapkan terlebih dulu kandang dan tempat yang bagus agar proses perkembang biakan menjadi lebih mudah.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Kandang Murai Batu

Sebagai seorang peternak, wajib untuk mengetahui bahan apa sajakah yang harus digunakan ketika ingin membuat kandang murai batu. Hal ini juga akan berpengaruh pada apa yang akan didapat oleh para peternak ketika mengetahui bahan apa saja yang dibutuhkan. Dalam sebuah proses pembuatan kandang burung, banyak bahan yang harusnya dapat dimiliki dengan mudah. Seorang peternak pemula harus memahami barang-barang atau bahan berkualitas yang dapat membuat burung yang akan dikembang biakkan menjadi nyaman. Berikut bahan-bahan yang harus digunakan atau diketahui oleh para calon peternak jika ingin membuat sebuah kandang untuk beternak burung murai:

pickupimage.com
  1. Kayu

Bahan utama yang harus digunakan ketika membuat kandang burung murai adalah kayu. Kayu ini dapat digunakan sebagai bahan utama menggantikan alumunium atau bahkan besi. Hal ini sangat berguna karena burung murai akan jenuh lebih nyaman.

  1. Bambu

Ini juga merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat dinding-dinding anyaman untuk berpijak burung. Bambu juga akan memberikan kenyamanan bagi burung murai yang ada di penangkaran.

  1. Kawat

Kawat ini juga digunakan sebagai salah satu bahan utama ketika akan membuat kandang. Bahan ini digunakan sebagai pengikat antara satu bahan dengan bahan yang lainnya.

  1. Batako

Yang selanjutny adalah batako. Batako ini dapat digunakan sebagai alas atau pondasi dari kandang yang akan dibuat.

  1. Genteng

Bahan ini termasuk bahan utama karena genteng digunakan sebagai penutup atau atap pada kandang yang akan dibuat.

rgbstock.com

Hal-Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Kandang Murai Batu

Ketika akan membuat kandang murai batu, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh para peternak. Hal ini untuk mempermudah para peternak baru agar hasil peternakan yang diinginkan semakin besar. Berikut hal-hal penting yang dapat dijadikan pertimbangan ketika ingin membuat kandang baru untuk peternakan burung murai:

  1. Perhatikan tempat

Sebelum memulai membuat kandang untuk tempat beternak burung murai, ada baiknya jika memperhatikan tempat yang akan digunakan. Pilih lah tempat yang memiliki kelembaban seimbang dan tempat yang kiranya cocok untuk tempat hidup murai ini. Tempat termasuk dalam salah satu hal yang cukup berpengaruh karena bila tempat tidak sesuai dengan kenyamanan burung maka akan berakibat susahnya burung ini untuk melakukan reproduksi

  1. Ukuran kandang

Hal kedua yang juga harus diperhatikan adalah ukuran kandang. Sebelum membuat kandang para peternak ini harus menentukan terlebih dulu ukuran kandang yang akan dibuat. Ukuran kandang ini juga harus diseimbangkan atau disesuaikan dengan jumlah burung yang akan dikembangkan. Hindari menggunakan kandang yang terlalu sempit karena dapat membatasi ruang gerak dari burung itu sendiri.

unsplash.com
  1. Pastikan bahwa kandang itu aman

Memastikan kandang aman adalah hal yang sangat penting. Keamanan kandang ini meliputi beberapa hal, hal utama yang harus diperhatikan adalah keamanan kandang dari binatang lain yang berpotensi untuk menyerang burung atau merusak kandang. Selain itu menempatkan kandang di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak juga harus sangat diperhatikan.

  1. Desain kandang

Hal yang tak boleh dilupakan lagi adalah desain kandang. Seorang peternak burung murai harus memahami desain kandang mana yang nantinya dianggap sebagai salah satu desain yang paling menguntungkan. Desain kandang ini juga akan berpengaruh pada keleluasaan burung ketika di dalam kandang. Kenyamanan dan keleluasaan kandang tentu sangat berpengaruh pada kesehatan dan tingkat stress yang dimiliki oleh si burung. Karena hal ini lah sangat penting untuk memperhatikan hal-hal kecil sebelum memulai membuat kandang. Kesalahan desain atau bahkan ukuran yang terlalu kecil juga akan berpengaruh pada kondisi burung itu sendiri. Karena hal ini lah para peternak harus memastikan semua akan berdampak pada kenyamanan burung murai itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *