Thursday, February 20
Shadow

Pengertian Kata Pengantar dan Cara Membuatnya

Kata pengantar merupakan sebuah kalimat pembuka yang ada pada sebuah karya tulisan ilmiah maupun non ilmiah. Kata pengantar ini memiliki sifat yang umum dan juga tidak membahas sebuah topik tertentu melainkan hanya sebagai gambaran awal tentang karya tulis yang akan di sampaikan.

 

Kata pengantar ini memiliki defisini yang berbeda-beda, dari banyak sudut pandang yang menilai makna dari kata pengantar ini. Salah satu definisi yang paling umum disebut yaitu kata pengantar merupakan sebuah pengiring atau pembimbing terhadap orang yang sedang membaca sebuah karya tulis, sehingga orang tersebut sudah cukup mengetahui pembahasan yang akan di sampaikan dalam karya tulis tersebut.

 

Ada beberapa jenis kata pengantar yang ada seperti kata pengantar makalah, kata pengantar laporan, kata pengantar proposal, kata pengantar skripsi, kata pengantar karya ilmiah, dan kata pengantar laporan pkl. Tentu saja setiap kata pengantar memiliki fungsi, bentuk dan tujuan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

 

Nah, supaya kalian lebih paham lagi tentang makna dan definisi sebuah pengantar, maka di bawah ini akan saya jelaskan tentang pengertian dan cara membuat kata pengantar yang baik dan benar, yang sudah sesuai dengan kaidah bahasa indonesia. Langsung saja biar kalian tidak penasaran lagi simak saja artikel saya berikut ini.

stocksnap.io

Tata Cara Penulisan Kata Pengantar

Sebelum kalian langsung membuat isi dari kata pengantar, ada tiga hal yang perlu kalian ketahui sebelum membuat kata pengantar. Yaitu kata pengantar harus di awali dengan panjatan puji syukur, menggambarkan isi tulisan yang akan di bahas, dan penutup kalimat akhir dari kata pengantar. Selebihnya akan saya jelaskan satu persatu di bawah ini.

1. Panjatan Puji Syukur

Kalimat pertama yang harus selalu kalian gunakan ketika kalian membuat kata pengantar yaitu dengan menggunakan kata panjatan puji syukur seperti, Puji syukur kepada hadirat allah swt, karena atas rahmat-nya makalah dapat terselesaikan dengan baik dan tanpa ada halangan apapun.

2. Gambaran Isi Karya Tulis Yang di Buat

Paragaf kedua yang ada di kata pengantar adalah menggambarkan isi dari karya tulis yang kalian buat baik itu berupa makalah, proposal atau skripsi. Jelaskan sedikit kepada pembaca tentang maksud dan tujuan dari karya tulis yang kalian buat itu.

3. Kalimat Akhir Kata Pengantar

Dan bagian akhir yang ada di kalimat kata pengantar adalah bagian akhir kata pengantar. Bagian akhir kata pengantar biasanya berisikan tentang permohonan maaf si penulis kepada pembacanya atas kekurangan dan kesalahan dalam karya tulis yang di buatnya.

stocksnap.io

Cara Menulis Kata Pengantar

Setelah kalian mengetahui urutan tentang tata cara penulisan kata pengantar yang baik dan benar, agar lebih paham lagi tentang cara menulis kata pengantar yang baik dan benar maka dibawah ini akan saya berikan contoh tentang penulisan kata pengantar makalah yang bisa kalian contoh untuk pembuatan makalah kalian.

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb

 

Penulis ucapkan segala puji bagi Allah SWT dengan adanya karunia-Nya telah memberikan kemudahan serta pertolongan yang membuat penulis bisa menyelesaikan makalah dengan tepat waktu.

 

Makalah ini disusun agar para pembaca sekalian lebih memahami tentang “ Bahaya Tembakau Gorilla” yang sudah termasuk kedalam kategori obat-obatan terlarang. Makalah ini kami susun atas bantuan dari banyak pihak yang telah membeikan informasi yang akurat tentang pembahasan makalah yang kami sampaikan saat ini. Dan juga atas pertolongan allah swt yang telah memudahkan kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan.

 

Dalam proses penyusunan makalah dan pendalaman materi ini, tentu saja penulis sangat berterimakasih atas bimbingan bapak Anwar Husein selaku guru bahasa Indonesia, yang telah membimbing tentang bagaimana cara membuat dan menuliskan karya tulis ilmiah yang sesuai dengan kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar.

Semoga makalah ini dapat memberikan ilmu yang lebih luas dan bermanfaat kepada para pembaca sekalian. Walaupun masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan dari penulisan makalah ini, maka penyusun membutuhkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian. Terima kasih.

 

Semarang, 28 September 2019

 

Penulis

 

Nah, itu tadi merupakan salah satu contoh tentang penulisan kata pengantar yang baik dan benar. Contoh tersebut merupakan contoh penulisan kata pengantar makalah yang bisa kalian tiru untuk menyelasaikan tugas makalah kalian. Tentu saja jika kalian disuruh untuk membuat kata pengantar prosposal atau kata pengantar skripsi, tentunya memiliki struktur yang berbeda dari penulisan kata pengantar yang saya contohkan tadi.

 

Sebenarnya masih banyak lagi contoh kata pengantar yang bisa kalian praktekan sendiri. Tapi contoh yang saya berikan tadi merupakan contoh kata pengantar sederhana yang mudah untuk dipahami dan mudah untuk digunakan. Tak perlu lagi bingung untuk bisa menuliskan kata pengantar yang baik dan benar, karena telah terdapat banyak sekali contoh dan penulisan kata pengantar yang baik dan benar di internet. Semoga bermanfaat dan untuk penulisan kata pengantar lainnya, bisa kalian baca pada tulisan kami yang lainnya yang lebih spesifik tergantung dari kebutuhannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *