Kesehatan Reproduksi Wanita

Wanita adalah salah satu mahluk Tuhan yang paling banyak jumlahnya. Wanita juga memiliki salah satu titipan Tuhan yang paling berguna yaitu alat reproduksi. Kesehatan reproduksi wanita sangat penting sebab alat reproduksi wanita adalah organ penting yang berhubungan dengan keturunan. Terdapat beberapa penyakit yang biasanya berhubungan dengan kesehatan alat reproduksi wanita. Bagi seorang wanita menjaga kesehatan alat reproduksi adalah hal yang sangat penting. Dengan menjaga hal tersebut maka akan memberikan banyak keuntungan bagi para wanita di luar sana.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Terdapat beberapa cara mudah dan aman yang bisa dilakukan oleh para wanita untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita miliknya. Berikut cara-cara merawat alat reproduksi wanita:

pixabay.com
  1. Bersihkan organ intim

Ketika membersihkan organ intim hal yang harus dilakukan adalah tidak sembarang memilih produk pembersih organ intim. Membersihkan organ intim bisa dengan air bersih atau menggunakan bahan-bahan herbal lain. Dan sabun khusus kewanitaan lain

  1. Makanan sehat

Salah satu hal utama untuk menjaga keseharan reproduksi wanita adalah makanan. Makanan mengandung peran penting bagi kesehatan organ reproduksi wanita. Memakan makanan yang mengandung gizi tinggi cukup berpengaruh pada sistem reproduksi yang dimiliki oleh para wanita.

  1. Hindari stres

Walau merupakan salah satu hal yang sering terjadi akan tetapi menghindari stress bisa jadi salah satu hal yang sangat mudah untuk menjadi cara menjaga kesehatan reproduksi.

  1. Lakukan kebiasaan sehat

Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh para wanita untuk menjaga kesehatan organ reproduksi adalah memakai Crystal x nasa

pixabay.com

Penyakit Pada Organ Reproduksi Wanita

Menjaga organ reproduksi wanita ini bertujuan untuk menghindari berbagai penyakit yang akan terjadi pada organ reproduksi. Beberapa penyakit pada organ reproduksi wanita adalah:

  1. Sindrom ovarium polikistik

Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang sering kali menyerang para wanita subur. Penyakit ini sering kali terjadi pada wanita yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Penyakit ini adalah penyakit yang membuat para wanita memiliki hormon laki-laki lebih banyak sehingga menyebabkan banyak masalah atau keluhan seperti:

  • Haid tidak lancar
  • Rambut-rambut halus makin banyak contoh di ketiak dan di bagian organ intim
  • Nyeri pada bagian pinggul
  • Kulit yang bermasalah sehingga banyak tumbuh jerawat dan berminyak
  1. Infeksi menular seksual

Penyakit bisa terjadi ketika para wanita melakukan hubungan seksual beresiko dan tidak memakai kondom. Hubungan seksual yang beresiko ini bisa saja karena pasangan Yang sering Gonta ganti pasangan atau karena perilaku kehidupan sex yang lakukan bebas sehingga terpapar penyakit jenis ini.

  1. Miom

Penyakit ini adalah penyakit yang paling umum di derita oleh para wanita. Miom adalah tumor jinak yang tumbuh di rahim dan semakin lama akan semakin membesar. Tumor jinak dalam rahim ini biasanya tidak terdeteksi secara dini karena tanda-tanda dan cirinya yang tidak terlalu terlihat. Miom dapat diatasi dengan cara melakukan operasi. Bagi banyak wanita hamil Miom dapat diangkat ketika sedang melakukan proses kelahiran. Setelah proses melahirkan miom yang ada dalam organ reproduksi wanita dapat diangkat juga. Miom memiliki dua penyebab utama yang terkadang tidak di sadari oleh para wanita. Penyebab utama adalah hormon yang tidak seimbang. Hormon estrogen termasuk dalam salah satu jenis hormon yang harus sangat di kontrol keberadaannya.

  1. Kanker

Penyakit yang dapat menyerang organ reproduksi wanita antara lain adalah kanker. Kanker yang dapat menyerang juga berbagai macam. Banyak jenis kanker dan penyebab-penyebab penyakit ini bisa jadi salah satu penyakit paling mematikan bagi para wanita. Terdapat beberapa jenis kanker yang sering kali menyerang organ reproduksi wanita adalah sebagaimana berikut:

pixabay.com
  • Kanker rahim
  • Kanker serviks
  • Kanker ovarium
  • Kanker vagina
  • Kanker vulva
  1. Radang pinggul

Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang terjadi karena infeksi. Penyakit jenis ini terjadi karena organ reproduksi mengalami infeksi akibat hal-hal seperti masuknya bakteri dalam vagina atau panggul yang menyebabkan terjadi peradangan pada bagian vagina. Penyakit ini juga menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa pada organ reproduksi wanita. Salah satu hal yang harus di waspadai adalah ketika keluarnya darah dari vagina akibat terkontaminasi penyakit seksual gonorhea. Hal tersebut juga harus dilihat dari riwayat penyakit pasangan.

  1. Endometriosis

Penyakit ini juga merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup banyak menyerang organ reproduksi para wanita. Penyakit ini adalah penyakit yang mana sering terjadi pada dinding rahim hingga dinding saluran kandung kemih pada wanita. Penyakit ini menyebabkan rasa nyeri bagi para wanita yang mengalaminya. Penyakit ini adalah penyakit ketika jaringan rahim tumbuh di dalam jaringan organ lain sehingga ras nyeri yang terjadi akibat pertumbuhan tersebut sangat besar dan menjadi salah satu masalah yang cukup serius bagi seorang wanita. Gejala penyakit ini cukup mudah dikenali yaitu:

  1. Nyeri yang berlebihan pada saat haid
  2. Nyeri panggul atau perut
  3. Pendarahan yang sangat banyak saat menstruasi
  4. Nyeri saat melakukan hubungan intim
  5. Nyeri saat sedang BAB

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *