Ketahui Jenis Dan Manfaat Dari  Rumput Laut

Sebagai salah satu negara maritim indonesia memiliki kekayaan laut yang sangat melimpah. Rumput laut menjadi salah satu kekayaan laut indonesia yang spesiesnya sangat beragam di indonesia. Terkenal akan berbagai manfaatnya banyak rumput laut menjadi salah satu komoditas yang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Jenis Rumput Laut Yang Dibudayakan

Sebagai salah satu komoditas dengan nilai ekonomis yang sangat tinggi. Rumput laut menjadi salah satu kekayaan alam yang sekarang ini menjadi salah satu sumber ekonomin masyarakat indonesia yang tinggal di pesisir pantai. Terdapat beberapa jenis rumput laut yang di budidayakan di indonesia dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Beberapa jenis rumput laut yang sekarang ini banyak dibudidayakan oleh para petani antara lain. Pertama, gelidium sp yang terdapat di pesisir Kepulauan Seribu, Kepulauan Riau, Lombok, Sulawesi. Papua dan Maluku. Kedua, gracilaria verrucosa yang di budidayakan di wilayah Sulawesi Selatan. Ketiga, eucheuma spinosum yang dibudidayakan dalam skala besar di daerah Madura, Sumenep dan Bali.

Selain ketiga jenis rumput laut tersebut pastinya masih banyak lagi berbagai jenis rumput laut lain yang bisa di jumpai di wilayah laut indonesia.

Manfaat Dari Rumput Laut

Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab dari tingginya nilai ekonomis dari rumput laut adalah karena manfaat yang melimpah dari rumput laut. Rumput laut biasanya digunakan sebagai bahan baku industri masakan, farmasi, kesehatan, kosmetik dan yang lainnya. Beberapa manfaat yang terkandung dalam rumput laut diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Berguna untuk membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan
  2. Rumput laut berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka
  3. Rumput laut apabila dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan maka akan berguna untuk menguatkna tulang dan gigi
  4. Rumput laut juga sangat bermanfaat untuk meningkatkna energi
  5. Rumput laut sangat baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes dan kolestrol

Selain beberapa manfaat tersebut masih banyak lagi manfaat lain yang terkandung dalam rumput laut. Sekarang ini apabila kamu ingin merasakan manfaat langsung dari rumput laut maka kamu tidak perlu mengkonsumsi rumput laut mentah karena sekarang sudah banyak sekali produk yang berbahan dasar rumput laut yang bisa kamu gunakan atau dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *