Saturday, March 28
Shadow

Pengertian Majas Metafora, Jenis Dan Contoh

Karya sastra merupakan salah satu karya yang populer dikalangan penulis, sebab banyak sekali orang yang menggunakan karya sastra dalam mencurahkan segala isi pikiran. Bahkan ketika menggunakan berbagai kosakata yang menarik maka akan menghasilkan suatu karya sastra yang terbaik. Sekarang sudah banyak sekali penulis awal yang menggunakan banyak penggunaan kata yang terbaru untuk menarik pembaca agar terkesan ketika membacanya. Maka dari itu memang perlu sekali untuk mempelajari lebih dalam mengenai penggunaan kosakata dalam suatu karya tulis. Apalagi sekarang sastra menjadi suatu karya sastra terbaik untuk dapat digunakan dalam memberikan hasil yang terbaik. Oleh karenanya memang penting sekali untuk menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami agar setiap orang dapat dengan mudah mengetahui beragam arti yang termaksud dalam konteks pembahasan tulisan.

Salah satu karya sastra yang banyak digunakan adalah puisi. Penggunaan kosakata yang digunakan dalam karya puisi memang mengandung banyak sekali kata kiasan. Salah satu majas yang sering digunakan dalam puisi maupun karya sastra lainnya adalah majas metafora. Karya tersebut memang memberikan banyak sekali arti yang dapat dimaknai ketika membacanya dengan tuntas. Sebelum mengetahui dengan detail mengenai majas metafora alangkah baiknya jika mengetahui pengertian dari majas tersebut. Majas metafora adalah majas atau gaya bahasa kiasan yang digunakan dalam karya sastra untuk menggambarkan suatu objek yang digunakan dengan perbandingan secara langsung denga obyek lainnya. Sehingga penggunaan dari majas tersebut adalah untuk mengungkapkan makan dengan menekankan pada perbandingan atau persamaan suatu obyek dengan obyek yang lainnya. Oleh karena itu memang perlu untuk mengetahui secara dasar mengenai majas tersebut yang dapat digunakan untuk memberikan makna kiasan.

Bagi anda yang berminat untuk mencari beberapa materi mengenai majas metafora sekarang sudah dapat dengan mudah mengaksesnya, sebab sudah tersedia beberapa link mengenai pengetahuan majas. Salah satu media yang sudah memberikan banyak sekali informasi mengenai majas adalah materibelajar. Pada  website tersebut dapat dengan mudah untuk  mencari berbagai informasi yang terbaru dalam menggunakan kosakata ataupun diksi. Bahkan majas tersebut juga dijelaskan dengan detail sehingga memudahkan pembaca untuk memahami dan belajar dengan cepat. Maka dari itu sangat disarankan sekali untuk belajar menggunakan website tersebut.

pxhere.com

Ciri-Ciri Majas Metafora

Ketika ingin menggunakan beragam majas metafora dalam suatu karya sastra, harus memperhatikan beberapa hal yang sekiranya diperlukan untuk membantu memudahkan dalam kepenulisan. Maka dari itu memang penting untuk memilih majas yang sesuai dengan konteks tulisan. Sehingga majas yang digunakan tersebut lebih selaras serta sesuai dengan konteks pembahasan, apalagi sudah banyak sekali hal yang perlu diketahui terkait majas metafora. Sehingga kami akan memberikan beberapa ciri-ciri dalam majas metafora. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai ciri-ciri dari majas metafora.

  1. Menggunakan kata atau frasa yang kias

Salah satu ciri yang dimiliki oleh majas metafora adalah menggunakan kata atau frasa yang bermakna kiasan. Sehingga ketika menulis tersebut tidak menggunakan kata yang sebenarnya dan hal tersebut untuk digunakan sebagai penghibur.

  1. Membandingkan suatu obyek dengan perbandingan secara langsung

Selain itu, juga memiliki ciri ciri membandingkan suatu obyek dengan menggunakan perbandingan secara langsung, tidak ada kata pembanding seperti bagaikan atau yang lainnya. Sehingga pembaca harus mampu memaknai setiap majas yang digunakan untuk membandingkan maupun menyamakan.

  1. Tidak menggunakan kata hubung atau konjungsi

Selain itu juga tidak menggunakan kata hubung atau konjungsi dalam suatu kalimat. Sehingga setiap orang lebih mudah untuk menafsirkannya.

Demikian tadi adalah beberapa ciri ciri yang dimiliki oleh majas metafora, sehingga ketika menggunakan majas tersebut alangkah baiknya untuk memahami terlebih dahulu mengenai ciri cirinya agar lebih mudah untuk menerapkannya.

pxhere.com

Jenis Majas Metafora Dan Contohnya

Ketika ingin menggunakan atau menerapkan berbagai jenis majas metafora, sekarang akan dibahas mengenai jenis majas metafora beserta contohnya. Sebab banyak sekali jenis dari majas tersebut untuk diketahui oleh khalayak umum. Sehingga memang penting untuk mempelajarinya secara detail agar mudah untuk menerapkannya. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis dari majas metafora.

  1. Metafora in praesentia

Majas metafora in praesentia merupakan salah satu jenis majas yang memiliki obyek yang akan digambarkan dengan membandingkan maupun menyamakan sebagai makna yang bersifat eksplisit. Sehingga ketika membaca majas tersebut akan langsung memahaminya secara langsung dan mudah ditangkap maksudnya. Banyak sekali yang menggunakan majas ini ketika ingin menggambarkan seseorang atau obyek dengan menggunakan kiasan yang sifatnya eksplisit atau langsung.

Contoh:

Ranti merupakan kembang desa  yang disukai banyak laki laki.

  1. Metafora in absentia

Sedangkan jenis majas metafora in absentia merupakan salah satu jenis majas yang menggambarkan obyek secara implisit sehingga banyak orang yang salah tafsir atau arti karena terjadi penyimpangan.

Contoh:

Banyak laki-laki yang ingin memiliki istri mawar desa itu.

Demikianlah tadi adalah jenis majas dari metafora beserta contoh yang dapat dipahami dengan mudah untuk dapat diterapkan ketika menulis karya sastra. Maka dari itu sangat disarankan sekali untuk memilih penggunaan majas yang tepat dan selaras dengan konteks pembahasan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *