Cara Membuat Foto Grid Dengan Mudah dan Cepat

Pernahkah Anda memiliki beberapa foto yang bagus yang ingin Anda pasang bersamaan tanpa memisah-misahkan foto-foto tersebut? Jika iya, solusinya adalah dengan menggunakan foto grid. Apa itu foto grid?

Apa itu Foto Grid?

Foto grid atau photo grid adalah cara untuk menunjukkan sekelompok foto dalam satu halaman dengan format grid. Cara ini cocok untuk menunjukkan koleksi foto-foto. Anda dapat membuat foto grid dengan mudah menggunakan aplikasi-aplikasi yang kini banyak tersedia secara online maupun offline dengan mendownload di internet, Play Store, atau App Store.

Cara Membuat Foto Grid

Membuat foto grid cukup mudah. Anda juga bisa membuatnya secara online menggunakan online tools yang tersedia gratis di internet. Dengan adanya situs pembuat foto grid, Anda bisa merubah foto-foto yang biasa saja menjadi terlihat luar biasa. Prosesnya sangat mudah, Anda tinggal memasukan dan memotong setiap foto, lalu menyimpannya di folder yang Anda inginkan. Nah berikut ini kami akan membahas beberapa tool online yang bisa Anda gunakan dalam membuat foto grid!

pixabay.com
  • Fotojet

Ada banyak sekali tool online pembuat foto grid di internet, salah satu yang paling terbaik yaitu Fotojet. Mengapa? Karena tool pembuat foto grid online satu ini sangat fleksibel dan sangat menyenangkan ketika digunakan. Nah untuk membuat foto grid dengan Fotojet, berikut langkah-langkahnya:

  1. Setelah Anda memasuki website Fotojet, Anda tinggal klik ‘Collage’ lalu pilih desain grid.
  2. Anda bisa merubah ukuran bingkai grid, jarak antara kolom, dan bentuk kolom.
  3. Setelah itu Anda bisa menentukan rasio kanvas.
  4. Lalu klik ‘Add photos’, dimana Anda akan dibawa menuju folder komputer. Pilihlah foto-foto yang ingin Anda jadikan foto grid, seleksi, lalu masukan kedalam template.
  5. Nah setelah itu, Anda akan melihat beberapa opsi filter seperti saturasi, kontras, kecerahan, dan lainnya. Atur sesuai keinginan Anda.
  6. Anda juga bisa menambahkan latar belakang, teks, dan juga logo.
  7. Setelah dirasa pas, maka Anda bisa langsung menyimpan hasil foto grid dalam bentuk PNG atau JPG.

Meskipun output foto grid bisa disimpan dalam format JPG dan PNG, namun Fotojet ini tidak support PDF. Jadi jika Anda ingin menjadikan PDF, maka Anda mesti mencari tool online lain. Anda bisa langsung share hasil foto grid ke media sosial atau mencetaknya langsung.

  • Canva

Tak dapat dipungkiri, apapun jenis desainnya, Canva dapat menjawab berbagai kebutuhan. Terutama ketika Anda ingin membuat foto grid, maka Canva juga bisa Anda andalkan. Bagaimana cara membuat foto grid lewat Canva? Cek di bawah ini ya!

  1. Pertama, Anda pilih ‘Photo collage’.
  2. Setelah itu, pilih ‘See all college templates’ untuk mengakses berbagai template foto grid yang tersedia.
  3. Lalu klik ‘Elements’ dan pilihlah opsi grid.
  4. Setelah itu Anda bisa menambahkan gambar, bingkai, logo, ikon, dan lainnya yang dibutuhkan untuk foto grid.
  5. Untuk memasukan foto-foto, klik ‘Uploads’ lalu seret beberapa foto tersebut kedalam template foto grid di Canva.
  6. Setiap foto ukurannya akan langsung pas dengan kolom-kolom yang ada pada template foto grid.
pixabay.com
  • TurboCollage

Kali ini kita akan membahas cara membuat foto grid menggunakan TurboCollage, sebuah situs atau online tool yang tersedia di internet, bisa digunakan di HP maupun PC, dan tentunya gratis.

  1. Download aplikasi TurboCollage
  2. Buka TurboCollage dan atur collage yang akan digunakan dengan Grid pattern atau pola grid yang diinginkan
  3. Atur jumlah baris dan kolom sesuai yang Anda inginkan. Misalnya 1 baris dan 7 kolom
  4. Pilih foto yang akan di grid. Anda bebas memilih foto yang akan di grid dan pastikan jumlahnya sesuai dengan baris dan kolom yang Anda atur sebelumnya
  5. Apabila Anda ingin foto-foto untuk fit didalam frame, atur dengan cara klik “Fit Pictures“ menjadi “Inside

Ketika foto Anda mengisi seluruh frame, semua area canvas akan terpakai. Foto diposisikan sedemikian rupa sehingga terlihat lebih besar dari frame. Baik foto maupun frame telah dijaga aspek rasionya, sehingga keduanya memiliki dimensi yang sama atau lebih besar dari dimensi frame. Kelemahannya adalah beberapa foto akan terpotong karena ukuran frame untuk setiap foto sudah fixed oleh jumlah baris dan kolom pada pengaturan grid.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang foto grid dan cara melakukannya. Anda juga bisa cara memperbesar resolusi foto online menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *