Tuesday, June 2
Shadow

Lebih Mengenal Burung Anis Merah Dan Penangannannya

Burung anis merupakan salah satu jenis burung yang banyak diminati kalangan pecinta burung di Indonesia. Nama ilmiah dari burung anis merah ini yaitu Turdus citrinus. Orang Indonesia sendiri sering menyebut burung anis merah dengan sebutan lain seperti punglor merah dan punglor cacing. Persebaran burung anis merah ini berada di wilayah benua asia. Sehingga di Indonesia sendiri banyak ditemukan burung anis merah.

Karakteristik Yang Dimiliki Burung Anis Merah

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Setiap hewan termasuk burung anis merah ini memiliki karakterristik tersendiri berbeda dengan yang lainnya. Inilah beberapa karakteristik dari burung anis merah.

  1. Burung anis merah merupakan salah satu burung yang mudah mengalami stress. Bisa disebabkan karena perlakuan kasar yang diberikan atau perubahan lingkungan. Melakukan suatu bentuk perubahan lingkungan yang mencolok pada burung anis merah dapat menyebabkan stres.
  2. Burung anis merah juga mudah bosan. Sehingga perlu diperlakukan secara khusus. Karena selain tidak suka dengan perubahan mencolok pada lingkungannya burung anis merah juga bosan jika terus menempati tempat yang sama dalam kurun waktu yang lama. Dengan begitu pindahkan secara berkala burung anis merah. Karena jika sudah bosan di tempat tersebut maka burung anis merah akan malas untuk berkicau.
  3. Burung anis merah merupakan salah satu jenis burung yang mudah birahi. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan birahi dari burung anis merah ini naik. Contohnya seperti terlalu lama di bawah sinar matahari atau dijemur. Selain itu pemberian extra fooding yang berlebihan juga dapat menyebabkan burung anis merah birahi. Burung ini juga mudah diraih jika melihat burung anis merah yang lainnya.
  4. Anis merah merupakan tipe burung yang manja. Terlebih kepada orang yang biasa dilihat nya setiap hari. Ketika burung anis merah ini manja kepada orang yang merawatnya maka burung ini tidak akan berkicau atau diam. Anis merah juga merupakan burung yang mudah dijinakkan. Sehingga bagi pemiliknya yang baru dapat dengan mudah menjinakan burung ini.

Tips Mudah Merawat Anis Merah

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Memberikan pakan pada hewan peliharaan tidak boleh sembarangan. Termasuk pemberian pakan pada burung anis merah ini. Pakan yang diberikan haruslah mencukupi nutrisi. Dengan begitu anis merah akan tumbuh sehat dan lincah. Serta kicauannya yang merdu. Dan inilah beberapa saran makan sehat untuk si anis merah.

  1. Voer

Yang pertama yaitu voer. Anda bisa memberikan makanan ini kepada si anis merah karena kandungan protein yang ada didalamnya berkisar antara 12% sampai 18% . Pemberian pakan ini bisa diganti dalam kurun waktu 2 hari sekali.

  1. Buah Segar

Anis merah merupakan salah satu jenis burung yang menyukai buah-buahan. Sehingga memberikan pakan buah segar sangat dianjurkan. Buah yang banyak mengandung vitamin C akan baik untuk si anis merah ini. Buah segar seperti pisang kepok, pepaya, pir, apel, tomat, dan buah segar yang lainny. Perbanyak berikan buah segar agar si anis merah dapat tumbuh dengan sehat.

  1. Extra Fooding

Extra fooding juga dapat diberikan kepada si anis merah ini. Namun pemberiannya tidak boleh berlebihan. Karena Anis Merah dapat dengan mudah naik birahinya jika memakan terlalu banyak extra fooding. Pemilihan extra fooding yang tepat juga perlu diperhatikan sesuaikan dengan karakter dari anis merah yang Anda punya. Contohnya seperti ulat, jangkrik, belalang, dan cacing.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa si anis merah ini sangat mudah mengalami kenaikan birahi. Sehingga perlu cara untuk menangani over birahi dari burung anis merah ini. Dan inilah tips bagi anda untuk menangani over birahi pada anis merah.

  1. Berikan extra fooding yaitu jangkrik pemberian nya yaitu 2 ekor jangkrik. 1 ekor pada pagi hari dan satunya lagi diberikan pada sore hari.
  2. Anda bisa melakukan pengembunan pada si anis merah ini pada kisaran jam nol 05.30 sampai 06.00. Itulah jam yang tepat untuk melakukan pengembunan pada burung anis merah ini.
  3. Berikan extra fooding berupa cacing pada anis merah. Yaitu 1 ekor dengan kurun waktu seminggu dua kali.
  4. Burung anis merah juga perlu dimandikan. Yaitu 3 kali sehari pada waktu pagi, siang, dan sore hari.
  5. Burung anis merah juga dapat over birahi ketika dijemur terlalu lama. Sehingga penjemuran anis merah baiknya tidak lebih dari 30 menit selama 1 hari.
  6. Dan tips yang terakhir yaitu dengan cara mengisolasi si anis merah ini . Caranya yaitu dengan mendengarkan suara burung anis merah yang lainnya. Anda bisa men download suara burung anis jika tidak memiliki burung anis merah yang lainnya. Hal tersebut dapat lebih mudah Anda lakukan. Dan burung anis merah yang over birahi dapat kembali normal.

Ketika si anis merah dirasa kurang sehat Anda juga dapat meningkatkan extra fooding berupa jangkrik dan cacing. Pemberian vitamin tambahan juga dapat diberikan kepada si anis merah ini. Dan kurangi juga pemandian burung menjadi dua kali hari dalam satu hari. Yang paling penting yaitu mengisolasi burung anis merah yang kurang fit dari burung yang lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *