Monkey Forest Ubud Bali

Membicarakan tentang keunikan pulau dewata, maka tak akan pernah ada habisnya karena hampir setiap sisi pulau Bali mempunyai keunikan tersendiri yang wajib anda kunjungi.

Mulai dari keunikan budaya, kuliner hingga keunikan adat dan istiadatnya, di pulau Bali ini sepertinya segala sesuatunya bahkan bisa menjadi sorotan dan kemudian menjadi objek wisata yang menarik wisatawan baik wisatawan domestic maupun wisatawan mancanegara.

Tentang Monkey Forest Ubud Bali

Salah satu keunikan di pulau Bali yang wajib anda kunjungi dan tak boleh terlewatkan adalah keunikan Monkey Forest di Ubud, Bali. Sebenarnya nama asli dari tempat ini adalah Mandala Suci Wenara Wana karena memang tempat ini merupakan salah satu tempat yang suci bagi warga Bali dan umat hindu.

Namun wisatawan banyak yang menyebutnya dengan sebutan Monkey Forest karena hutan ini dihuni oleh ratusan kera yang sudah turun temurun ada sejak jaman dahulu dan di keramatkan oleh warga sekitar.

Lokasi

Lokasinya sendiri berada di desa padangtegal, Ubud. Untuk menuju ke tempat ini sangat mudah dijangkau karena sudah dilalui akses transportasi yang memadai dan tidak terlalu jauh dari jalan besar.

isorepublic.com

Pura

Monkey Forest juga merupakan sebuah cagar alam dan kompleks candi yang merupakan tempat suci bagi umat hindu karena di dalam sini terdapat tiga pura yaitu Pura Dalem Agung Padang Tegal, Pura Beji dan Pura Prajapati. Tempat ini juga dikelola oleh warga sekitar sebagai penjaga kesucian hutan sekaligus menjaga kelestarian hutan.

Satwa

Kera disini kebanyakan sebagian besar merupakan kera yang jinak, meskipun mereka hidup di alam liar namun mereka tidak buas dan lebih jinak karena mereka sudah familiar dengan manusia dan sering berinteraksi dengan manusia terutama dengan warga sekitar yang menjaga ketiga tempat pura suci yang berada di dalam tempat wisata ini.

Oleh karena itu kera-kera tersebut tidak takut ketika bertemu para wisatawan yang datang dan melihat-lihat kawasan ini. Apalagi banyak wisatawan yang membawa makanan seperti buah-buahan atau kacang ke dalam tempat ini sehingga ketika wisatawan masuk ke kawasan ini banyak kera yang sudah duduk berjajar dan berharap di beri makanan oleh wisatawan.

Bahkan ada beberapa kera yang dengan lincahnya mengambil makanan yang sedang dipegang oleh para wisatan dengan merebutnya dari tangan wisatawan. Maka jika anda akan memberi makan kera, anda juga perlu berhati-hati lebih baik sedikit jaga jarak karena meskipun tidak buas namun terkadang suka bertindak liar mengganggu wisatawan yang berkunjung.

Kawasan wisata ini juga menjadi salah satu destinasi unggulan pulau Bali selain wisata pantai, di sini anda juga dapat berfoto-foto karena kawasan ini sangat instagramable dengan perpaduan hutan hijau yang asri dan terjaga, serta pura-pura suci di dalamnya dan kera yang menghuni hutan dengan bebas tanpa khawatir di ganggu oleh manusia maka menjadikan tempat ini memiliki keindahan yang memukau.

Anda dapat berfoto dengan kawanan kera yang lucu atau berfoto di pura-pura suci yang magis yang berada di dalam kawasan ini  atau bisa juga berfoto-foto dengan segarnya suasana vegetasi tanaman hijau yang berada di dalam tempat ini.

isorepublic.com

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke kawasan Monkey Forest ini anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 80.000 rupiah untuk orang dewasa dan Rp 60.000 rupiah untuk anak-anak.

Meskipun harga tiketnya terbilang cukup mahal namun tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung dan selalu dipadati oleh wisatawan setiap harinya bahkan kunjungan wisatawan perhari bisa mencapai jumlah ribuan.

Jam Buka dan Tutup

Hal ini tidak lain karena banyak wisatawan yang begitu terpukau dan tertarik dengan keindahan dari objek wisata ini. untuk jam operasional sendiri dibuka mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 18.00 sore saja, karena di waktu malam waktunya kera untuk beristirahat.

isorepublic.com

Hal Yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda berkunjung diantaranya :

  • Tetaplah berjalan di jalur atau jalan yang sudah disediakan untuk pengunjung.
  • Selalu jaga barang-barang bawaan anda, masukan ke dalam tas karena kera-kera tersebut sangat suka merebut atau mengambil barang bawaan wisatawan dengan tiba-tiba, jika anda ingin berfoto-foto maka pegang erat kamera atau handphone anda jangan sampai terebut oleh kera-kera tersebut.
  • Jika barang bawaan anda terlanjur diambil oleh kera-kera tersebut maka minta tolonglah kepada pemandu maupun penjaga forest monkey untuk mengambil kembali barang bawaan anda yang telah diambil oleh kera-kera tersebut
  • Jangan memukul atau menyakiti kera-kera yang ada atau anda akan diserang nantinya oleh kera tersebut, perlakukan kera dengan baik karena sebenarnya kera-kera di sini tidak buas dan tidak liar.

Oya, untuk ke Monkey Forest ini anda juga dapat menggunakan jasa agen biro wisata perjalanan yang biasanya menyediakan paket tour karena banyak agen biro wisata perjalanan yang memasukkan tempat ini ke dalam tujuan wisata unggulannya.

Biasanya Objek Monkey Forest masuk ke dalam Paket Tour 4 Hari 3 Malam, maka anda lebih baik memilih paket tour tersebut karena biasanya Monkey Forest satu jalur dengan objek wisata lain yang sayang untuk dilewatkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *