Penerangan Jalan Umum Menggunakan Tenaga Matahari

Kini inovasi penerangan jalan umum kian hari kian mengalami kemajuan. Jika dahulu penerangan jalan terpaku pada cara yang biasa saja yaitu dengan menggunakan listrik konvensional yang menggunakan banyak kabel untuk menghidupi lampu jalan, car ini kini perlahan lahan mulai digantikan dengan menggunakan tenaga matahari.

Listrik menggunakan tenaga matahari merupakan inovasi yang baru baru ini sangat ramai diperbincangkan karena penggunaanya yang dinilai lebih praktis dan efisien ketimbang menggunakan pembangkit listrik tenaga air atau pembangkit listrik tenaga uap yang dinilai tidak terlalu baik secara efektifitas dan efisiensinya ketimbang menggunakan pembangkit listrik tenaga matahari.

Pembangkit listrik tenaga matahari ini sangat cocok untuk diaplikasikan ke berbagai macam hal seperti penerangan lampu jalan. Nah kali ini saya akan menjelaskan peneranganan lampu jalan menggunakan tenaga surya.

unsplash.com

Kelebihan Penerangan Jalan Umum Tenaga Matahari

Tetapi sebelum kita lanjut ke poinnya, akan lebih mudah lagi jika kalian mengetahui kelebihan dari penggunaan listrik tenaga matahari ini.

1. Lebih ramah lingkungan

Penggunaan listrik tenaga surya juga bisa berdampak baik untuk lingkungan hidup lho, hal ini disebabkan oleh material perangkat yang digunakan untuk menangkap panas matahari ini terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Selain itu peng aplikasian listrik tenaga matahari ini tidak akan merusak lingkungan sekitar karena memiliki sifat tidak baku yang bisa berpindah pindah tempat.

2. Pemasangan yang mudah

Untuk memasangan instalsi pembangkit listrik tenaga matahari ini bisa dilakukan dengan mudah, karena proses instalasinya tidak seribet dengan proses instalasi listrik konvensional. Proses instalasinya juga tidak terlalu memakan banyak waktu.

3. Masa penggunaan yang lama

Jika kalian menggunakan listrik tenaga surya sebagai aliran listrik utama di rumah kalian, maka kalian akan di untungkan karena masa aktif solar cell ini atau alat yang digunakan untuk menangkap sinyal matahari, memiliko masa aktif yang lama hingga 30 tahun lamanya. Hingga kalian akan diuntungkan dalam waktu yang lama dalam hal anggaran biaya listrik karena penggunaan listrik tenaga matahari ini lebih hemat dan ekonomis.

4. Masa efisiensi yang lama

Selain memiliki masa penggunaan yang lama, solar cell ini juga memiliki efisiensi yang lama yaitu hingga 20 tahun. Jadi jika kalian telah menggunakan solar cell ini dalam kurun waktu yang lama, tenanf saja karena solar cell ini masih bekerja dengan baik seperti pertama kali penggunaan.

Untuk kalian yang belum mengetahui solar cell itu apa, maka akan saya jelaskan terlebih dahulu. Solar cell/panel surya merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menampung sinar matahari, yang nantinya akan dikonversikan kembali menjadi aliran arus listrik. Solar cell ini memiliki banyak jenis yang dibedakan dengan kapaaitas penyimpanan daya nya.

Namun kali ini saya tidak akan membahas tentang jenis-jenis solar cell melainkan saya akan membahas tentang penerangan jalan umum menggunakan tenaga surya. Seperti yang sudah banyak kita lihat saat ini bahwa dijalan jalan raya khususnya kota-kota besar indonesia sudah banyak menggunakan penerangan jalan umum menggunkanan solar cell.

unsplash.com

Kelebihan Penerangan Jalan Umum Menggunakan PJU Solar Cell

1. Tidak memerlukan kabel

Kelebihan pertama yang bisa didapatkan dengan menggunakan PJU solar cell adalah tidak mwnggunakan kabel. Berbeda dengan lampu jalan versi konvensional yang masih menggunakan kabel, maka untuk lampu jalan solar cell ini sudah tidak menggunakan kabel lagi, karena untuk dayanya mendapatkan dari sinar matahari langsung yang nantinya akan dikonversikan menjadi aliran listrik.

2. Bisa dipindahkan

Tidak seperti lampu jalan dengan menggunakan kabel, maka lampu jalan menggunakan solar cell ini bisa dipindahkan dengan sangat mudah. Karena tidak menggunakan kabel cukup pindahkan saja ke berbagai tempat yang memiliki jangkauan sinar matahari yang bagus.

3. Pemasangan yang mudah

Lampu jalan solar cell juga dapat dipasang dengan mudah. Karena hanya memerlukan tiang penyangga, konverter, solar panel dan lampu jalan saja perangkat ini sudah bisa digunakan. Tanpa adanya kabel yang digunakan maka proses instalasi akan berjalan lebih cepat dan mudah.

picjumbo.com

4. Daya tahan lama

Solar cell sebagai media penangkap sinar matahari, memiliki masa penggunaan yang lama yaitu hingga 30 tahun lamanya. Tentu saja ini akan sangat menguntungkan karena dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama sehingga kerusakan yang ditimbulkan sangatlah kecil.

5. Tidak merusak lingkungan

Penggunaan lampu jalan solar cell juga tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Karena lampu jalan solar cell ini tidak mengandung gas efek rumah kaca yang dapat mempengaruhi rusaknya lingkungan sekitar. Selain itu tidak memerlukan penggalian kabel untuj memasang perangkat yang satu ini.

6. Tidak memerlukan biaya perawatan

Kelbihan penggunaan lampu jalan solar cell yang terakhir adalah tidak memerlukan biaya perawatan. Hal ini disebabkan karena solar cell ini sendiri memiliki masa aktif dengan jangka waktu yang panjang serta memiliki tingkat efisiensi yang lama. Sehingga tidak perlu lagi melakukan perawatan terhadap lampu jalan solar cell ini.

Cukup sekian saja pembahasan saya mengenai lampu jalan solar cell. Jadi intinya penggunaan penerangan jalan umum menggunakan solar cell ini memiliki beberapa dampak yang positsif di berbagai macam aspek kehidupan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *