Saturday, July 11
Shadow

Pentingnya Sarapan Pagi Secara Rutin

Sebelum memulai aktivitas yang sibuk, penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh melalui sarapan di pagi hari. Hal tersebut berfungsi untuk meningkatkan kualitas pekerjaan serta membuat badan menjadi lebih kuat. Apabila tidak punya waktu untuk makan sebelum meninggalkan rumah,  banyak sekali ide sarapan yang bisa dimakan saat bepergian atau ketika Anda mulai bekerja sebagai bekal di perjalanan maupun di tempat kerja. Penulis pada this website akan membahas secara rinci tentang pentingnya melakukan sarapan pagi secara rutin.

Sarapan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan kita

Sarapan sebagai bahan bakar utama tubuh dan otak setelah berpuasa semalam. Ahli gizi dunia sepakat menyarankan untuk melakukan sarapan dalam waktu dua jam setelah bangun tidur untuk pengisian ulang energi tubuh sebelum melakukan aktivitas. Sedangkan menu sarapan yang sehat harus menyediakan kalori dalam kisaran 20-35% dari pedoman harian (GDA). Hal tersebut dikarenakan kalori merupakan penghasil sumber energi utama bagi tubuh.

Selain memberi kita energi, makanan sarapan memiliki sumber nutrisi penting yang baik untuk tubuh seperti kalsium, zat besi, vitamin B, serta protein dan serat. Tubuh membutuhkan nutrisi penting ini untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap prima serta menstabilkan fungsi beberapa sistem tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa jika kebutuhan nutrisi terlewatkan saat sarapan pagi, tubuh akan membentuk efek negatif atau kompensasi kecil di kemudian hari karena bahan bakarnya tidak terpenuhi dengan maksimal. Buah dan sayuran adalah contoh sumber vitamin dan mineral yang baik sehingga bisa dicoba untuk memasukkan buah dan sayur ke dalam porsi lima varian hidangan sarapan. Buah dan sayur disini bisa dalam bentuk utuh seperti pisang atau sudah diolah seperti segelas jus buah asalkan tidak terlalu banyak mengurangi kanndungan asli buah.

Sarapan juga baik untuk mengontrol berat badan berlebih seperti yang akan dijelaskan pada this website. Penelitian menunjukkan mereka yang rutin sarapan dengan tepat lebih cenderung berada dalam kisaran berat badan ideal jika dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan. Jika seseorang terpaksa kesulitan melakukan sarapan pagi yang sempurna, ada baiknya mengkonsumsi makanan ringan gula dan lemak tinggi di pagi hari.

pexels.com

Pentingnya sarapan pagi bagi tubuh dan kualitas hidup

Berikut merupakan 5 fungsi sarapan pagi untuk tubuh dan kualitas hidup.

  1. Fungsi kognitif

Sarapan pagi dapat mengembalikan kadar glukosa dan karbohidrat esensial yang dibutuhkan otak agar dapat berfungsi dengan maksimal. Banyak riset yang telah menunjukkan bagaimana sarapan dapat meningkatkan memori dan tingkat konsentrasi serta dapat membuat kita lebih bahagia karena dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan tingkat stres. Dalam studi di antara anak-anak, sarapan dapat meningkatkan pencapaian dan perilaku, juga telah dikaitkan dengan peningkatan nilai. Sama seperti organ lain di dalam tubuh, otak membutuhkan energi untuk bekerja dengan sebaik-baiknya sehingga bahan utama produksi energi penting untuk dipenuhi.

  1. Kebutuhan energi

Kebutuhan energi manusia bervariasi tergantung pada tingkat aktivitas dan tahap kehidupan. Meski demikian, pada umumnya pria membutuhkan lebih banyak energi dari pada wanita. Anak-anak yang sedang tumbuh membutuhkan banyak energi, sebagai contoh anak laki-laki berusia 7-10 tahun harus mengkonsumsi sekitar 1970 kkal per hari, anak perempuan berusia 7-10 tahun harus mengonsumsi sekitar 1740 kkal, serta untuk orang dewasa pria membutuhkan sekitar. 2500 kkal sedangkan wanita sekitar. 2000 kkal per hari.

pexels.com
  1. Membuat pikiran tetap fokus

Sarapan pagi secara sehat dapat membantu kita merasa lebih fokus untuk melaksanakan aktivitas yang akan kita lakukan. Makan makanan di pagi hari tidak hanya dapat menyemangati kita sampai waktu makan siang tetapi juga mampu memberi otak kita energi penting yang dapat membuat kita fokus dalam melaksanakan aktivitas.

  1. Membuat hidup lebih berbahagia

Makanan yang kita makan secara intrinsik terkait dengan suasana hati kita. Makanan yang sehat, seimbang dan menarik bagi anda dapat membuat perasaan lebih nyaman sehingga lebih ihlas dalam menjalani aktivitas read more.

  1. Sarapan pagi sebagai kontrol nafsu makan

Pemikiran salah yang umum disalah fahami oleh orang-orang yang ingin diet adalah tidak makan dan mengkonsumsi kalori. Jika seseoarang tidak makan saat sarapan, kemungkinan besar dia akan berakhir ngemil sepanjang pagi yang justru bisa menimbun kalori dengan jenis yang tidak sehat. Jauhi camilan yang terlalu halus dengan tambahan gula. jadi jika memang ingin ngemil, makanan sehat rendah kalori bisa menjadi pilihan. Namun jangan sampai lupa untuk memberikan energi pada diri sendiri. Persamaan yang cukup sederhana yaitu jika anda tidak makan, anda tidak akan merasa sangat enak. Persamaan tersebut berlaku untuk makanan pertama setiap harinya. Sehingga lain kali ketika bangun tidur, pikirkan kapan terakhir kali anda makan (mungkin sampai sepuluh jam) jadi mengapa anda harus menunggu lebih lama untuk memenuhi kebutuhan energi anda. Segera setelah kita mulai makan di pagi hari, tubuh akan memulai proses kimia yang membuat kita merasa bersemangat dan siap untuk hari itu. Sehingga ada baiknya untuk mengawali bangun tidur lebih awal untuk menyimpan waktu mempersiapkan sarapan secara maksimal. Dengan begitu, aktivitas akan berjalan lancar dan tubuh tetap terjaga segar bugar. Selain itu, perasaan juga terbawa bahagia dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *