5 Tips Memilih Perumahan Pontianak Untuk Keluarga

Kota Potianak merupakan sebuah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat yang banyak dijadikan sebagai tujuan untuk merantau. Tidak hanya untuk memperbaiki taraf kehidupan, banyak juga yang pindah ke Pontianak lantaran pekerjaan yang mengharuskan pindah tugas. Hal ini tentunya membuat kebutuhan akan perumahan bisa meningkat. Bagi anda yang akan tinggal di Pontianak, yuk intip tips memilih perumahan pontianak untuk keluarga berikut.

Cara Memilih Hunian di Pontianak Yang Harus Anda Tahu

Pontianak merupakan salah kota yang memiliki banyak perumahan yang ditawarkan karena termasuk kota yang cukup padat. Tidak hanya menawarkan harga yang bersaing, juga fasilitas yang beragam. Hal ini tentunya akan membuat anda bimbang dan ragu perumahan mana yang akan anda pilih. Sehingga anda harus memperhatikan beberapa hal berikut untuk mendapatkan hunian yang anda idamkan.

  1. Survei Lebih Dahulu

Untuk mendapatkan hunian yang diinginkan, ada baiknya untuk melakukan survey sebagai langkah awal yang bisa anda lakukan. Survei bisa anda lakukan dengan cara mendatangi langsung kantor pemasaran atau melalui internet dengan mengetikkan perumahan Pontianak terbaru pada mesin pencarian internet. Maka anda bisa mendapatkan banyak informasi yang menarik dan sesuai kebutuhan anda.

Jika mengunjungi secara langsung anda bisa melalui brosur yang tersedia di kantor pemasaran. Tak jarang pihak pengembang juga akan mengajak anda untuk melihat secara langsung salah satu contoh rumahnya. Sebaiknya anda melakukan survei tidak hanya satu tempat saja, melainkan beberapa tempat. Hal ini berguna sebagai pertimbangan dan perbandingan untuk mendapatkan perumahan di Pontianak terbaik untuk keluarga anda.

pickupimage.com
  1. Melihat Secara Langsung Kondisi Rumah

Setelah anda menemukan beberapa pilihan perumahan yang anda temukan dari survei, anda bisa langsung mengunjungi rumah tersebut. Anda harus dengan cerman memperhatikan kondisi rumah yang akan anda jadikan pilihan. Perhatikan juga kebutuhan anda, ingin segera menempatinya atau masih dalam beberapa tahun ke depan. Sehingga tempat tinggal haruslah siap huni atau anda bisa inden terlebih dahulu.

Jumlah kamar hingga tipe rumah juga harus anda sesuaikan dengan kebutuhan anda dan keluarga. Lingkungan sekitar juga tidak boleh luput dari perhatian anda misalnya bagaimana sanitasi, air, lahan menjemur hingga tetangga sekitarnya. Hal ini perlu dilakuakan agar anda bisa mendapatkan hunian yang nyaman untuk keluarga anda. Jika anda tidak menyukainya anda bisa masih memiliki waktu untuk mencari hunian yang lainnya.

  1. Memastikan Fasilitas Yang Tersedia

Banyaknya perumahan yang ada membuat pengelolanya memberikan penawaran yang mengiurkan. Biasanya yang paling banyak ditawarkan adalah fasilitasnya. Fasilitas yang memadai juga bisa menjadi bukti kualitas dari pengembang yang memiliki reputasi terpercaya.  Sehingga anda bisa memastikan dulu fasilitasnya sebagai pertimbangan anda sebelum memilih perumahan pontianak yang sesuai dengan kebutuhan.

Fasilitas keamanan hingga fasilitas lainnya seperti akses jalan, pengelolaan limbah dan lain sebagainya. Beberapa perumahan bahkan memiliki fasilitas seperti taman, kolam renang hingga sarana untuk olahraga yang memadai. Fasilitas ini nantinya akan sangat berguna untuk anda dan keluarga anda. Akses yang mudah juga penting untuk anda cermati, karena jika terlalu jauh dari pusat kota atau tempat kerja, efiseinsi waktu akan susah.

pickupimage.com
  1. Posisi Rumah Yang Anda Inginkan

Posisi rumah juga sangat penting untuk anda perhatikan, tidak hanya bentuk bangunanya saja. Posisi rumah juga mempengaruhi harga yang ditawarkan sehingga meskipun sepele harus anda perhatikan. Misalnya rumah yang berada di posisi hook akan lebih mahal dibandingkan dengan rumah yang berada di tengah. Karena rumah yang berada di ujung atau hook lebih mudah untuk dimodifikasi, tak jarang ada lahan yang lebih luas.

Selain posisi, arah hadap rumah juga harus perhatikan dalam memilih perumahan pontianak terbaru. Ada baiknya anda memilih rumah yang menghadap sinar matahari. Hal ini bertujuan agar anda mendapatkan udara yang baik dan juga dinding rumah tidak cepat rusak. Apalagi di Pontianak, termasuk kota yang cukup panas dengan matahari yang terik. Sehingga sangat penting bagi anda untuk memperhatikan posisi hingga arah rumah sebelum anda memutuskan untuk membelinya.

  1. Tersedia Sistem Bayar Yang Mudah

Setelah anda sudah menentukan dimana anda akan tinggal dan sudah melakukan survey hingga posisi yang diidamkan, anda juga harus melihat sistem pembayarannya. Salah satu perumahan yang baik akan memberikan fasilitas KPR dengan bank yang terpercaya. Anda juga bisa melihat status tanah serta bangunan rumah yang anda pilih. Hal ini harus anda lakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Status yang jelas, nantinya akan bertujuan untuk bukti kepemilikan yang sah. Umumnya besarnya uang muka KPR mulai dari 10 hingga 20%. Jumlah uang muka tersebut akan membuat bank yang bekerjasama memberikan dana mulai dari 80 hingga 90%. Hal ini tentu memudahkan anda untuk proses kepemilikan rumah anda. Pastikan anda memilih berdasarkan kebutuhan dan kemampuan anda untuk memiliki hunian di perumahan Pontianak.

Memilih hunian yang nyaman untuk keluarga memang dibutuhkan perjuangan yang tidak musah. Anda harus melakukan beberapa hal untuk dapatkan hunian yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk mendapatkan hunian di kota Pontianak, anda juga bisa mendatangi kantor kantor pemasaran perumahan di Pontianak terbaru. Hal ini akan membuat anda bisa lebih mudah untuk menemukan tempat tinggal yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *