Thursday, February 20
Shadow

Resep Kambing Guling yang Lezat

Kambing guling merupakan salah satu sajian kuliner yang sangat mudah kita temukan di berbagai daerah. Selain citarasanya yang lezat, kambing guling sebenarnya juga cukup mudah dibuat. Kambing guling bisa Anda buat dengan membakar daging dalam oven setelah dibumbui dengan berbagai rempah-rempah. Iya dengan citarasanya yang begitu khas, kambing guling menjadi salah satu kuliner yang cukup banyak diminati di Indonesia.

Resep Membuat Kambing Guling

Kambing menjadi salah satu olahan daging kambing yang cukup banyak diminati di Indonesia. Pasalnya memang daging kambing yang dibumbui dan dipanggang ini menawarkan citarasa yang luar biasa. Nah berikut adalah cara membuat kambing guling.

Siapkan bahan utamanya yakni satu ekor kambing muda utuh dengan ukuran sedang. singkirkan bagian jeroan, kepala, kulit, dan kakinya. Siapkan juga bumbu-bumbunya yakni 15 siung bawang putih, 2 gram ketumbar, 150 gram gula merah. Kemudian ada juga bumbu-bumbu lain mulai dari bubuk pala halus 1 sdt, bubuk lada halus 1 sdm, minyak goreng 100 ml, garam 2 sdm, kecap 250 ml. Kemudian siapkan juga bahan-bahan untuk membuat saos sambal mulai dri kecap manis, bawang merah, tomat, cabe rawit, daun jeruk limau. Adapun cara memasaknya sebagai berikut:

  • Campurkan bumbu halus dengan bumbu lain, kemudian aduk hingga merata.
  • Lumuri semua permukaan daging kambing dengan bumbu sampai benar-benar merata.
  • Kemudian diamkan daging kambing yang telah dilumuri bumbu kurang lebih sekitar 1 jam sehingga bumbunya benar-benar meresap. Selanjutnya wadahkan daging kambing di dalam baskom besar dan tutupkan dengan menggunakan serbet agar bumbunya lebih  meresap.
  • Kemudian siapkan arang bakaran dalam ukuran yang panjang untuk mencakup semua permukaan daging kambing. Siapkan juga gantungan daging yang berjarak 40 cm dari bara api. Kemudian buatlah gantunga yang berporos untuk memudahkan Anda dalam memutar daging agar kematangan daging lebih rata.
  • Gantungkan daging kambing yang telah dibumbui pada gantungan, kemudian ratakan sema bagian agar tidak ada bagian yang terlalu tebal maupun terlalu tipis.  Kemudian Anda dapat memutar-mutar daging agar semua bagian daging bisa matang secara merata. Pada umumnya daging perlu dimasak selama 45 hingga 60 menit.
  • Kambing gulingpun siap dihidangkan. Dalam hal inI Anda dapat menyantap kambing guling dengan saos sambal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *