Resep Olahan Ikan Asin

Ikan asin merupakan salah satu olahan yang sederhana namun sebenarnya memiliki citarasa yang luar biasa. Pasalnya memang jika kita pandai mengolahnya, dengan cara sederhana saja ikan asin sudah menjadi teman makan yang sangat lezat. Nah bagi Anda yang penasaran dengan cara mengolah ikan asin, berikut adalah resep olahan ikan asin yang bisa Anda coba:

Pepes ikan asin daun singkong

Pepes ikan asin menjadi salah satu olahan yang rasanya sangat lezat loh. Iya pasalnya olehan ikan asin ini cukup sederhana namun memiliki citarasa yang luar biasa. Nah untuk membuat pepes ikan asin, terdapat beberapa bumbu yang harus disiapkan mulai dari ikan asin peda yang telah diseduh dengan menggunakan air hangat, bawang putih yang diiris tipis, bawang merah yang diiris tipis, serai yang diambil putihnya dan dimemarkan, cabai merah, tomat hijau yang dipotong-potong, daun jeruk yang dibuang tulang daunnya dan diiris tipis, buah belimbing wuluh yang telah dipotong, teh garam, teh gula pasir, kemangi, daun singkong yang dipetik dan direbus yang fungsinya adalah untuk membungkus pepes, daun pisang untuk membungkus bagian luar. Nah setelah menyiapkan bahan-bahannya, berikut adalah cara memasak pepes ikan asin:

  • Langkah pertama yakni Anda bisa memulainya dengan cara mencampur bawang putih, serai, bawang merah, tomat hijau, cabai rawit merah, tomat hijau, daun jeruk, belimbing wuluh, gula, garam, dan juga gula yang kemudian diaduk rata.
  • Selanjutnya Anda bisa mengambil daun pisang dan juga beberapa lembar daun singkong. Kemudian letakkan ikan dan sendokkan bumbu-bumbunya.
  • Selanjutnya bungkus pepes dengan menggunakan daun singkong, selanjutnya bungkus lagi dengan daun pisang, dan semat dengan menggunak lidi kecil.
  • Adapun langkah selanjutnya yaitu silahkan kukus dengan menggunakan api sedang kurang lebih selama 45 menit hingga matang.
  • Nah pepes ikan asin pun siap untuk dihidangkan.

Nah itu dia beberapa langkah untuk membuat olahan ikan asin yang cukup unik. Iya pepes ini sangat cocok untuk menemani makan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *