Saturday, March 28
Shadow

Resep Telur Gulung Sosis Favorit Anak-anak

Resep telur gulung di bawah ini bisa Anda coba sambil bernostalgia mengingat masa kecil. Ya, makanan ini memang salah satu jajanan populer yang sering dijajakan pedagang kepada anak-anak. Sekarang pun makanan ini masih saja booming, hampir di keramaian Anda bisa melihat pedagang jualan makanan ini.

Cara membuatnya juga simple, jadi Anda bisa membuatkannya setiap kali si kecil memintanya. Tentu ini lebih baik daripada jajan di luar yang belum tentu terjamin kesehatan dan kebersihannya. Yuk langsung saja disimak resep dan cara membuat telur gulung sosis di bawah ini.

Resep dan Cara Membuat Telur Gulung Sosis

Untuk membuat telur gulung sosis yang enak, Anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Di antaranya adalah 4 butir telur, 90 ml air, 1 blok kaldu ayam, 3 buah sosis. Sosis bisa dipotong jadi dua, masing-masing potongan dibelah jadi empat, jadi 1 buah sosis bisa menjadi 24 potong.

Sedangkan bumbu untuk membuat telur gulung sosis yang harus Anda siapkan adalah bawang putih dua siung yang telah dihaluskan. Siapkan juga 1 sendok teh lada bubuk. Oya, siapkan juga tusuk sate sebanyak 24 buah, usahakan lebih kecil daripada potongan sosis.

pexels.com

Selain bahan, Anda juga harus menyiapkan peralatan untuk membuat telur gulung sosis. Di antaranya adalah rantang tebal atau panci seukuran rantang juga bisa, ini berguna untuk menggoreng telur gulung sosis agar lebih hemat minyak. Jika Anda menggunakan wajan, maka sosis tidak akan bisa masuk seluruhnya ke dalam minyak. Nantinya sosis bisa tidak matang secara sempurna.

Setelah bahan dan peralatan siap, maka langkah pertama membuat telur gulung sosis adalah menusuk potongan sosis dengan tusuk sate. Pastikan tusuk sate lebih pipih daripada sosis agar sosis bisa masuk dengan sempurna. Kemudian masukkan telur dan bumbunya ke dalam wadah lalu kocok sampai tercampur dengan bumbu, pastikan tidak terlalu kental atau encer.

Panaskan panci rantang di atas kompor dan isi minyak hingga memenuhi ¾ dari panci. Pastikan agar telur gulung sosis masuk semua ke dalam minyak agar bisa matang dengan sempurna. Masak sosis hingga matang kemudian tuangakan kocokan telur ke dalam penggorengan. Setelah itu Anda bisa mengaduk telur tersebut dengan tusuk sate dalam gerakan memutar.

Lakukan hal tersebut di atas pada semua tusuk sate, Anda bisa menggunakan tisu agar tidak terlalu berminyak. Anda juga bisa memotong tusuk sate agar lebih rapi dan mudah untuk disantap. Sajikan kepada si kecil dalam kondisi panas ditemani dengan saus, mayonaise, bubuk bon cabe dan lain sebagainya.

Dengan bisa membuat telur gulung sosis sendiri, berarti Anda juga berperan menjaga kesehatan si kecil. Hal ini memang sudah menjadi tugas Anda. Jadi daripada membiarkan si kecil jajan di luar yang tidak terjamin kesehatannya, Anda bisa berkreasi membuat makanan ringan, salah satunya adalah telur gulung sosis. Dengan cara ini Anda juga akan lebih dekat lagi secara emosional dengan buah hati.

pexels.com

Tips Resep Telur Gulung Sosis Krispi

Rahasia membuat telur gulung krispi sebenarnya terletak di telurnya. Ya, setiap kali ingin menuangkan telur ke dalam penggorengan Anda harus mengocok telur terlebih dahulu. Karena kalau tidak sering-sering dikocok, adonan putih telur akan mengendap di dasar. Imbasnya hasil telur gulung sosis tidak bagus, bersarang dan renyah. Jadi jangan sampai lupa untuk selalu mengocoknya agar hasilnya krispi.

Oya, resep di atas hasilnya memang mini karena 1 sosis bisa dibagi menjadi 8 potong. Makanya cocok disajikan untuk anak-anak, selain lebih ekonomis hasilnya juga banyak jadi lebih mudah dibagi-bagi. Nah jika untuk orang dewasa, sosis bisa dipotong jadi dua potong.

Soal telur, Anda tidak harus selalu menggunakan telur ayam saja. Anda juga bisa menggunakan telur bebek kalau memang punya. Selain itu Anda juga bisa menggunakan telur puyuh lho. Hitungannya, 5 butir telur puyuh setara dengan 1 butir telur ayam.

Selain sosis Anda juga bisa berkreasi dengan isian lain. Misalnya saja potongan tahu/tempe goreng, telur puyuh atau bahkan pentol bakso untuk telur gulung yang montok. Pokoknya terserah Anda ingin berkreasi bagaimana, intinya langkah dan caranya sama dengan uraian di atas.

Demikianlah ulasan tentang resep membuat telur gulung sosis, makanan nostalgia yang menjadi favorit anak-anak. Nah untuk Anda yang mendambakan info bermanfaat tentang resep membuat makanan serta info super menarik lainnya, Anda bisa langsung mengunjungi site terpercaya tipsberbagi.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *