Sejarah Kabupaten Karanganyar

Karanganyar dulunya adalah sebuah dukuh kecil yang lebih tepatnya ada sejak tanggal 19 April 1745. Karanganyar ini berada di wilayah Kasunanan Surakarta, yang mana pencetus nama dari Karanganyar sendiri adalah Raden Mas Said. Sebelum berdiri menjadi sebuah kabupaten sendiri Karanganyar harus melalui beberapa proses terlebih dahulu. Proses terbentunya pemerintahan Kabupaten Karanganyar ini dimulai ketika pemerintahan desa yang mana terbentuk pada masa Raden Mas Said yakni pada tahun 1741 hingga 1757. Setelah itu terbentuklah sebuah kabupaten yang diberi nama Kabupaten Anoma yakni pada tanggal 5 Juni 1847, yang mana juga diikuti oleh terbentuknya Kabupetan Karanganyar pada tanggal 18 November 1917.

Jika dilihat pada Peraturan Daerah Karanganyar Nomor 20 tahun 1998, disana dijelaskan bahwa hari jari Kabupaten Karanganyar adalah 18 November 1971. Nama Karanganyar tentu bukan sekedar nama saja melainkan ada artinya. Nama dari karanganyar ini dipisah menjadi 3 bagian yakni Ka, Rang, dan Anyar yang nama setiap kata tersebut mempunyai maknanya tersendiri. Ka sendiri diambil dari Kawibawaningkang dipun gayuh yang mana mempunyai arti sebagai sebuah kewibawaan yang dijadikan sebagai cita – cita. Sedangkan untuk Rang sendiri adalah Rangkepanipun lahir batin pulung lan wahyunipun sampun turun temurun. Arti dari Rang tersebut adalah rangkapnya yang lahir dan batin, pulung dan juga wahyunya sudah turun. Untuk kata Anyar sendiri mempunyai maknya badhe nampi perjanjian anyar winisudha jumeneng Mangkunegoro I yang mana mempunyai arti yang akan menerima perjanjian baru yang diangkat dari Mangkunegoro I.

Setelah melalui masa yang cukup panjang akhirnya Kabupaten Karanganyar bisa menjalankan kepemerintahannya dengan lancar. Kabupaten ini terdiri dari beberapa daerah seperti adanya daerah Kawedanan Wonoharjo yang didalamnya terdapat 2 kecamatan, Kawedaan Karanganyar dengan 5 kecamatan, Karangpandan 6 kecamatan, dan Kawadanan Jumapolo dengan 4 kecamatan. Itulah sejarah berdirinya Kabupaten Karanganyar. Sejarah dari berdirinya kebupaten ini memang menjadi hal yang perlu diketahui oleh masyarakat dan dikenang selalu. Proses yang panjang untuk bisa berdiri seperti sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *