Surga Alam Di Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun Tumpak Sewu disebut juga dengan air terjun Coban Sewu, terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Air terjun ini dikategorikan sebagai air terjun terindah di Indonesia, karena keunikan formasi air yang seperti tirai dan sangat tinggi. Air terjun ini memiliki tingkat elevasi 500 meter di atas permukaan laut dan berada di sebuah lembah curam yang memanjang.

Air terjun yang dijuluki Niagara dari Lumajang ini bisa diakses dengan mudah dari Kota Malang dengan waktu tempuh sekitar 2 jam atau 66 kilometer. Pengunjung bisa datang ke kawasan air terjun melalui dua rute, yang pertama adalah dari Kota Malang melewati Kecamatan Bululawang, Kecamatan Dampit, Kecamatan Tirtomoyo, hingga ke Kecamatan Ampelgading dan menyebrang ke Kabupaten Lumajang. Jalur kedua adalah melalui Dusun Jagalan, Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading.

Surga Bagi Pecinta Fotografi

Keindahan panorama air terjun Tumpak Sewu menjadikannya menarik untuk diabadikan melalui kamera, terutama bagi pecinta fotografi lanskap. Air terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu ini bertipe aliran air plunge atau tidak bersentuhan dengan dinding batu atau tebing yang ada di belakang air terjun. Bagi para pecinta fotografi atau pengunjung yang ingin sekedar mengabadikan gambar diri pada kamera, kamu bisa mengambil foto dari atas air terjun. Ada bukit yang menghadap langsung ke air terjun Coban Sewu ini sehingga pas sekali untuk mengambil foto.

Air terjun Coban Sewu ini memiliki debit air yang terbentuk dari aliran sungai Glidih yang berasal dari hulu Gunung Semeru. Aliran airnya berbentuk tipis dan memanjang seperti tirai, yang membuat air terjun ini sangat unik dan indah. Untuk menuju air terjun yang terkenal karena mirip air terjun Niagara Amerika ini dibutuhkan tenaga ekstra karena medan yang ditempuh lumayan melelahkan. Aktivitas yang bisa dilakukan di air terjun Tumpak Sewu selain berfoto adalah bermain arum jeram. Ada juga wisata berkendara mobil Jeep di sepanjang jalur offroad lereng Gunung Semeru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *