Tuesday, June 2
Shadow

Terong Pipit Tumbuh Liar Namun Dipercaya Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Terlalu banyaknya jenis dan varian yang dimiliki oleh tanaman terong kerap kali membuat anda tidak mengenal beberapa jenis dari terong. Salah satu jenis terong yang masih jarang ditemukan adalah terong pipit. Terong jenis pipit memiliki permukaan yang lebih licin jika dibanding dengan jenis tanaman terong lainnya. Akar dan batangnya pun memiliki duri yang lebih tajam. Buah terong pipit memiliki bentuk bulat kecil dengan ukuran sebesar jari kelingking dan memiliki warna hijau kekuningan.

Terong jenis pipit adalah tanaman yang tidak dapat dibudidayakan karena termasuk dalam tanaman perdu. Tanaman terong pipit dapat tumbuh secara alami pada daerah yang kering dan terdapat ditempat yang banyak huma, kebun, serta di sekitar hutan. Untuk melakukan budidaya tanaman terong putih ini dapat dilakukan dengan menggunakan biji buah yang telah tua dan diambil di daerah sekitar hutan karena tidak dibudidayakan oleh penduduk sekitar.

Terong jenis pipit dengan bentuknya yang lonjong dan warna hijau dapat ditemukan secara liar, dan sering kali dianggap sebagai gulma yang mengganggu. Tanaman terong jenis ini sangat mirip dengan semak belukar yang menggerombol dalm satu pohon lebat. Keberadaan terong pipit disetiap daerah memiliki nama yang berbeda – beda. Di daerah Minangkabau terong pipit ini disebut dengan rimbang, namun beberapa orang di daerah Jawa menyebut terong pipit ini dengan nama pokak, tekokak dan cepoka.

Meskipun keberadaan cepoka ini liar, nyatanya sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Cepoka atau tekokak dapat digunakan untuk menyembuhkan gangguan pencernaan seperti sakit perut dan diare. Jenis sayuran ini dapat menetralkan kondisi lambung serta bertanggung jawab dengan masalah pencernaan.

Terong jenis pipit atau cepoka dipercaya pula untuk mengatasi penyakit aemia karena kandungan zat besi tinggi di dalamnya yang akan merangsang produksi dari sel darah merah. Mengonsumsi cepoka juga dapat mencegah penyakit cacing usus dalam tubuh. Cepoka yang dikonsumsi dengan rutin akan mencegah adanya cacing pita dan cacing usus. Cacing dalam tubuh sebagai sebuah parasit yang berasal dari daging – daging mentah dan jika hal tersebut dibiarkan akan membentuk abses lebih besar di dalam tubuh manusia.

Cepoka memiliki peran lain yang sangat sederhana yaitu menyembuhkan batuk berdahak dan flu. Penyakit umum yang biasa terjadi pada manusia ini dapat diatasi dengan mengonsumsi terong jenis pipir. Anda dapat membuatnya sebagai sup yang dikonsumsi saat masih hangat untuk meredakan penyakit sederhana tersebut. Melihat berbagai manfaatnya untuk kesehatan, kini anda tak perlu takut lagi untuk mulai mengonsumsi terong jenis pipit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *