Saturday, July 11
Shadow

Inidia Tool Kit yang Diperlukan Calon Youtuber Sukses

Banyak anak muda sekarang ini yang punya cita-cita menjadi seorang youtuber. Alasannya bermacam-macam. Ada yang merasa keren. Ada juga yang ingin kaya mengingat banyak youtuber yang bergelimang harta hanya dengan membuat konten di Youtube.

Apapun itu alasannya, Anda harus punya alasan yang kuat. Pasalnya, banyak orang yang semangat di awal tapi hilang di tengah jalan. Kenapa? Karena biasanya mereka tidak menjalankan kegiatan menjadi seorang Youtuber dengan tujuan yang jelas.

Jika tujuannya uang, maka harus ditentukan berapa jumlah uang per bulan yang ingin didapatkan. Lalu, cari tahu bagaimana caranya. Atau jika ingin membuat konten yang menginspirasi, maka harus ditentukan juga berapa jumlah viewers atau subscriber yang harus didapatkan.

Setelah itu, silakan Anda mulai belajar menjadi youtuber tutorial. Ada banyak sekali tutorial yang dibagikan secara gratis di luar sana. Tinggal pilih, pelajari, dan praktikkan. Yang tak kalah penting adalah alat-alat yang diperlukan.

Alat-Alat yang Diperlukan Seorang Youtuber

Satu hal yang harus Anda pahami. Tidak harus menunggu sempurna sehingga Anda bisa memulai. Di awal memulai kegiatan sebagai seorang youtuber, Anda tidak harus memiliki semua alat layaknya youtuber profesional. Bahkan, Anda tidak perlu beli alat yang super mahal. Gunakan saja alat seadanya. Beli perlengkapan youtuber sesuai dengan kemampuan.

  1. Kamera

Apakah Anda perlu membeli kamera yang harganya 10-an juga atau lebih? Jika Anda mampu, silakan. Namun, jika belum ada budget, Anda gunakan kamera hp Anda dulu. Asal Anda tahu. Ada youtuber papan atas yang hanya mengandalkan kamera smartphone ketika membuat konten youtube. Dan banyak penontonnya. Karena kekuatan sebuah channel youtube tidak pada kualitas kamera tapi konten yang dibuat.

  1. Tripod

Alat tempur seorang youtuber selanjutnya adalah tripod. Ini diperlukan agar kamera bisa ditempatkan sesuai dengan kebutuhan. Dan Anda tidak perlu capek memegang kamera.

Dalam hal ini, Anda bisa beli tripod sesuai dengan kebutuhan. Ada tripod tangan yang batangnya pendek. Ada tripod berdiri yang sangat tinggi.

  1. Microphone

Sebenarnya, jika Anda menggunakan kamera handphone, di sana sudah ada mic-nya. Hanya saja, kualitas merekam suara di hp tersebut kurang bagus.

Makanya, disarankan agar Anda beli microphone. Yang paling murah misalnya microphone yang bisa diselipkan di baju. Jadi, Anda tidak perlu repot membawa mic ini karena ukurannya kecil.

  1. Lighting

Agar kualitas video yang Anda hasilkan bagus, belilah lighting. Ini bagus untuk pencahayaan. Apalagi jika kamera yang Anda miliki kurang begitu bagus. Daripada Anda harus beli kamera yang mahal, untuk sementara Anda bisa beli lighting.

  1. Background

Background ini berupa kain. Biasanya, warnanya hijau atau putih, tergantung mana yang Anda sukai. Dengan menggunakan background, konten video youtube Anda lebih terlihat jelas dan profesional.

Itu saja yang harus Anda siapkan. Lalu, Anda juga perlu belajar menjadi youtuber tutorial mengenai bagaimana cara mengedit video. Anda bisa gunakan software PC ataupun software handphone. Sekarang, tidak sulit untuk mendapatkan software editing video.

Tips Sukses Menjadi Youtuber

Banyak orang yang akhirnya belajar tutorial menjadi youtuber karena ingin cepat kaya. Namun, apakah semuanya berhasil? Harus diakui banyak yang tidak berhasil. Hanya sedikit yang berhasil.

Semoga saja ini tidak membuat Anda pesismis. Harus dipahami dunia youtube itu begitu luas. Banyak orang yang terjun di bidang ini. Artinya, kompetisi semakin ketat.

Maka dari itu, Anda harus serius jika ingin menjadi seorang youtuber sukses. Ada tips yang harus Anda benar-benar terapkan. Yang pertama mengenai konten. Anda harus pastikan konten yang Anda buat itu bermanfaat. Tentu tidak semua konten itu bermanfaat untuk semua segmen penonton. Namun, Anda harus tahu ada yang suka dengan konten yang akan Anda buat.

Tips yang kedua, menentukan segmen penonton. Tanyakan siapa penonton konten Anda. Jika penontonnya adalah anak-anak sekolah yang ingin belajar tentang tutorial menggunakan game, misalnya, Anda harus bisa membuat konten tersebut. Pelajari juga bagaimana cara merekam layar laptop karena itu yang akan Anda jadikan bagian dari konten channel youtube Anda.

Dan yang tak kalah penting adalah konsisten. Tidak ada satu youtuber yang bisa sukses tanpa konsisten. Konsisten bukan berarti Anda harus upload video setiap hari. Konsisten artinya Anda harus upload video sesuai jadwal, bisa setiap hari, bisa setiap minggu, atau kapanpun. Itulah yang akan membesarkan channel youtube Anda.

Jadi, sudah siap untuk menjadi seorang youtuber?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *