Saturday, July 11
Shadow

Tutorial VSCO, Edit Foto Menjadi Lebih Mudah Dan Cepat

Banyak sekali tutorial VSCO yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di Internet. Sayangnya rata-rata tutorial yang dibagikan adalah tentang cara menggunakan filter setting. Padahal sebenarnya Anda bisa menciptakan filer setting sendiri. Namun tentunya bukan perkara mudah untuk mengotak-atik filter VSCO.

Agar supaya foto hasil editan sesuai dengan yang diharapkan, penting sekali untuk memperhatikan berbagai komponen yang ada pada aplikasi VSCO itu sendiri. Dan itulah yang sebenarnya dilakukan oleh para selebgram sehingga bisa menghasilkan foto yang sangat estetis.

Memilih Filter VSCO

pexels.com

Nilai jual utama dari aplikasi edit foto bernama VSCO ini adalah memiliki banyak pilihan filter atau preset. Meskipun cukup disayangkan jika ingin mendapatkan semua filter atau preset yang disediakan, Anda harus membeli full version aplikasi ini. Artinya Anda harus membelinya terlebih dahulu.

Meskipun demikian, sebenarnya Anda tidak perlu membeli VSCO versi full version. Namun dengan catatan Anda bisa memilih dan memainkan filter yang disediakan secara gratis di aplikasi tersebut.

Misalnya saja salah satu filter yang sangat populer dan sering digunakan oleh banyak fotografer hingga selebgram adalah Aesthetic Series atau A4-A6. Dan berita baiknya filter ini bisa didapatkan secara gratis. Namun sebenarnya filter yang dipilih sangat bergantung pada gaya pengeditan yang Anda gunakan.

Pasalnya tidak ada aturan benar salah pada saat memilih filter yang ada di VSCO. Semua kembali pada gaya pengeditan dan preferensi pribadi masing-masing. Namun dengan catatan editan yang dilakukan sebaiknya jangan terlalu norak dan lebay.

Mainkan Exposure Dan Contrast

Tutorial VSCO tidak akan pernah lepas dengan yang namanya Exposure dan Contrast. Kenapa? Sebab keduanya ini memiliki pengaruh sangat besar terhadap hasil editan foto di VSCO.

Dalam dunia fotografi, Exposure bisa dipahami sebagai banyaknya cahaya yang jatuh ke gambar atau foto yang Anda ambil sehingga akan berpengaruh terhadap seberapa terang dan gelapnya gambar atau foto itu sendiri.

Artinya jika foto yang ingin diedit saat proses pengambilannya dalam kondisi low light atau kurang pencahayaan, selain memilih filter VSCO yang sesuai, penting untuk memainkan Exposure-nya juga. Tujuannya agar foto menjadi lebih terang.

Sedangkan untuk Contrast ini lebih ke dinamika sisi gelap dan terang dari suatu gambar atau foto. Kenapa harus memperhatikan betul terkait dengan Contrast ini? Sebab jika Contrast dimainkan dengan benar, maka hasil editan gambar atau foto akan tampak lebih nyata dan tajam lagi.

Cara Edit Foto Tampak Lebih Hidup

Pada dasarnya, tutorial VSCO yang ketiga ini merupakan gabungan dari tutorial no satu dan dua. Anda harus peka dengan memasukkan nyawa di gambar atau foto yang ingin diedit. Maksudnya bagaimana?

Misalnya seperti ini, Anda akan mengedit foto pantai. Untuk membuat foto lebih hidup, akan sangat pas jika menggunakan filter yang kebiru-biruan dan cerah dengan mengatur Exposure, Contrast, Temperature, Grain, dan lain sebagainya sebaik mungkin.

pexels.com

Teknik Cropping Yang Pas

Jika posisi objek foto yang Anda ambil sudah sempurna, sebenarnya tips ini tidak wajib dilakukan. Namun berbeda jika ada beberapa bagian pada foto memang memerlukan untuk dilakukan proses cropping terlebih dahulu. Tujuannya agar mendapatkan angle yang pas dan sesuai.

Teknik cropping ini pada umumnya akan lebih berguna pada foto-foto yang diambil dengan menggunakan mode Makro. Pasalnya objek foto yang terlalu jauh sehingga butuh di-highlight untuk membuat hasil foto lebih fokus, maka teknik cropping ini bisa menjadi solusi terbaiknya.

Ciptakan Filter VSCO Sendiri

Penting untuk menciptakan filter VSCO sendiri. Apalagi jika ternyata Anda sudah menemukan filter setting yang cocok untuk feed Anda, daripada lupa settingannya, lebih baik Anda save saja.

Artinya jika sewaktu-waku Anda ingin mengdit foto baru dengan preset filter yang sama, Anda hanya tinggal memilih preset filte yang sebelumnya sudah Anda save. Cara save filter VSCO pun mudah sekali, tinggal klik logo reverse arrow yang ada di menu VSCO.

Rekomendasi Paket Internet Murah

Untuk ulasan yang terakhir ini bersifat bonus saja. Artinya tidak ada hubungannya dengan tutorial VSCO. Hanya ingin berbagai informasi terkait dengan paket internet murah yang ada saat ini.

Berbicara terkait dengan paket internet murah, sepertinya setiap operator telekomunikasi sudah memiliki jagoannya sendiri-sendiri. Salah satu contohnya adalah Telkomsel yang dikenal dengan paket internet murahnya yang bermana paket internet Videomax. Dan semoga ulasan singat mengenai tutorial VSCO  dan paket internet murah ini bisa memberi sedikit manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *