Thursday, February 20
Shadow

Poin Penting Dalam Membangun Usaha Retail Modern

Menekuni usaha retail perlu pengelolaan yang baik sedari awal. Meskipun kenyataannya masih baru, Anda sebaiknya membuat rancangan yang tertata rapi. Tujuannya untuk meminimalkan masalah yang berhubungan dengan keuangan bisnis.

Retail sendiri merupakan sebuah jenis usaha yang sangat menjanjikan. Ini merupakan bentuk bisnis yang langsung berhadapan dengan konsumen. Artinya, pebisnis langsung menjual produk jadi ke konsumen.

Kurang lebih, peritel adalah seseorang yang menghubungkan antara produsen dengan konsumen utama. Peritel akan mengambil seluruh produk yang dihasilkan oleh produsen. Kemudian produk tersebut dijual ke konsumen secara langsung.

Jenisnya juga sangat banyak. Ada yang membuatnya dengan skala besar seperti supermarket. Ada yang membuatnya dengan skala kecil seperti pengecer/pedagangan kaki lima.

Ketika membangun usaha retail ini, Anda seharusnya memahami betapa pentingnya posisi Anda di dalam siklus jual beli. Makanya, Anda perlu membuat perencanaan yang sangat baik demi kemajuan bisnis kedepannya.

unsplash.com

Poin Utama Dalam Mengembangkan Bisnis Ritel

Siapapun pelaku bisnisnya, tentu saja pelakunya ingin terus melihat bisnisnya berkembang. Semakin tumbuhnya bisnis memungkinkan pelakunya mampu meraup untung yang sangat besar. Salah satu kuncinya terletak pada managemen stok barang.

Ya, pengelolaan stok barang ini wajib dilakukan sedari awal. Walaupun Anda baru memulainya dengan skala kecil, Anda yang mengelolanya dengan baik akan memperoleh hasil yang lumayan.

Ketika Anda tidak mampu melakukannya, distribusi barang ke konsumen akan terhambat. Akhirnya, ini akan mempengaruhi seluruh pihak yang terlibat. Baik itu produsen maupun konsumen.

Pengelolaan ini akan sangat bermanfaat ketika bisnis ini semakin berkembang. Perkembangan bisnis ini biasanya ditandai dengan jumlah barang yang semakin banyak. Toko-toko fisikpun semakin banyak dan tersebar di hampir seluru daerah.

Semakin luasnya jangkauan bisnis ini, pengelolaannya juga akan semakin rumit. Anda perlu mengatur ketersediaan barang di beberapa kota yang Anda jadikan tempat menjual produk. Makanya, Anda butuh orang lain untuk mengelola pasokan barang tersebut.

unsplash.com

Keuntungannya Memanage Stok Barang Bagi Peritel

Semakin besar bisnis yang dijalankan, semakin besar pula hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Dan mengatur persediaan barang merupakan sebuah keharusan. Jika tidak, bisnis ini akan tidak sehat.

Tidak sehatnya bisa ditandai dengan kemunculannya beberapa masalah keterlambatan barang. Begitu pula dengan banyaknya barang yang hilang entah kemana. Karena semuanya tidak diawasi/dikelola dengan baik.

Beruntung sekali jika sedari awal Anda memanage stok barang. Tindakan ini bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di atas. Kemudian, peritel juga bisa memantau keseluruhan barang yang dijual.

Informasi ini bisa menjelaskan tentang produk mana yang cepat laris terjual. Dari informasi tersebut, peritel bisa memutuskan tentang kapan seharusnya melakukan pembelian produk di produsen. Jadinya, produk tersebut tetap tersedia meskipun sangat laris diburu pelanggan.

unsplash.com

Yang Sebaiknya Dilakukan Kala Menjalankan Bisnis Ritel

Ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh peritel dalam mengembangkan usahanya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Menempatkan Barang Sesuai Kategori

Sejak awal, Anda sudah perlu membuat kode pada setiap barang yang akan dijual. Pembuatan kode ini dilakukan untuk mempermudah pencarian produk yang diinginkan konsumen. Dan masing-masing produk sebaiknya dipisahkan dalam tempat tersendiri.

Melihat kondisinya, Anda perlu mengatur penempatan barang di dalam gudang. Ketika konsumen membutuhkan barang tersebut, Anda tidak kebingungan untuk mengambilnya.

  1. Catat Seluruh Transaksi

Anda tentunya tidak menginginkan hasil penjualan tidak sama dengan barang yang dipasok bukan? Kasus seperti ini sangat mungkin terjadi. Masalahnya bermula dari kurang jelinya Anda dalam mengaturnya sehingga ada kebocoran yang merugikan diri sendiri.

Untuk meminimalkannya, wajib bagi Anda untuk mencatat seluruh transaksi yang dilakukan. Mulai dari transaksi pembelian dari produsen, sampai transaksi penjualan barang ke konsumen. Dan pencatatan ini bisa dilakukan dengan mudah bila menggunakan sebuah aplikasi kasir.

Aplikasi kasir ini dibuat khusus untuk mempermudah pencatatan semisal laporan persediaan barang, data penjualan, data pembelian, piutang dan lain sebagainya. Aplikasi ini bisa didapatkan di goaccuratesoft.com.

  1. Selalu Periksa Ketersediaan Barang

Pemeriksaan barang ini harus dilakukan secara bertahap dan berulang. Pemeriksaan ini meliputi jumlah barang yang masuk, ketersediaan sisa barang dan lain sebagainya.

Pastikan bahwa pengecekan ini sesuai dengan informasi yang tercatat dalam laporan penjualan. Artinya, datanya jumlah barang yang terjual berikut sisanya sama persis dengan apa yang Anda sediakan sejak awal.

Kesimpulannya, managemen stok barang sangatlah krusial dalam menjalankan bisnis ritel. Upayakan untuk melakukan pemeriksaan dan pencatatan. Anda bisa mempekerjakan orang-orang yang ahli di bidangnya. Dengan begitu, kemajuan usaha retail Anda akan terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *