Thursday, February 20
Shadow

Tips Mengubah Word to PDF Online Yang Efektif

Dokumen dengan format PDF maupun word sangat sering dijumpai dan menjadi jenis dokumen yang memang sering digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti membuat surat, bisnis, laporan, perjanjian, dan lainnya. Ada suatu keadaan yang mengharuskan dokumen word diubah menjadi PDF.

Konversi ini memudahkan seseorang untuk melakukan pencetakan dan melindungi dokumen dari virus karena format PDF lebih aman. Untuk caranya ada dua cara untuk mengubah word to PDF, yaitu melalui online dan offline. Apa saja dan dagaimana caranya? Tenang, kuotabro.com sudah menyiapkannya untuk kamu. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Cara Mengubah Word to PDF Online

pixabay.com

Cara pertama kamu bisa menggunakan situs online untuk mengubah dokumen word ke PDF. Berikut beberapa situs atau aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengonversi word ke PDF.

  1. Google Drive

Untuk mengubah menjadi PDF ternyata melalui google drive juga praktis. Google drive merupakan layanan penyimpanan cloud dari google yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai file. Mulai dari gambar, video, serta dokumen-dokumen. Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu login ke google drive dengan akun asli mu akses https://drive.google.com/. Jika akun mu telah terdaftar maka upload file word yang ingin dijadikan PDF ke google drive.

Ketika diupload kemudian ditampilkan dokumennya maka kamu bisa merubah formatnya ke PDF. Klik “open with” lalu pilih “google docs” secara otomatis file akan terbuka pada halaman editor di google drive. Jika sudah dibuka maka pilih “file” kemudian pilih opsi yang “download as” dan “PDF document (pdf)” dan simpan file. Format berkas sudah berubah menjadi PDF, maka kamu tinggal mengunduhnya kapan saja.

  1. PDF Converter

PDF converter merupakan situs online yang menyediakan jasa mengonversi berbagai file secara online dalam hitungan detik. Tidak hanya mengonversi, tapi juga menggabungkan halaman, memuat cara compress PDF, hingga memecah halaman. Apabila kamu ingin merubah word ke PDF maka masuk kedalam menu “konversi ke PDF”.

Klik opsi “semua alat” pada bagian atas jendela kemudian pilih “word to PDF”. Setelahnya akan muncul pemberitahuan lalu klik “pilih file” yang berada ditengah jendela. Pilihlah file dokumen yang ingin dikonversi klik “open” dan tunggu sampai situs selesai mengungguh file tersebut. Tidak lama kamu bisa langsung mengunduhnya jika file sudah jadi dalam format PDF. Jika sudah maka file bisa diunduh.

  1. Melalui Soda PDF

sodaPDF merupakan editor, pembaca, dan pembuat PDF yang sederhana, lengkap, dan mudah digunakan. Fitur-fiturnya juga lengkap. Mulai dari mengimpor dan mengkonversi dokumen, menggabungkan dokumen, ada juga cara compress PDF jika kamu meninginkan ukuran file yang lebih kecil. Nah untuk mengubah word to PDF online maka kamu bisa memnilih bagian convert.

Caranya pilih dokumen yang kamu inginkan. Klik “choose file” yang berada pada bagian tengah jendela website. Kamu juga bisa memilihnya melalui dropbpx dan google drive. Jika sudah memilih maka klik “convert file” kemudian tunggu sampai proses ungguh file selesai.

Setelah itu file akan langsung terunduh dibrowser. Kamu juga bisa mengirimnya melalui email dengan mengisi email yang aktif. Aplikasi SodaPDF ini juga bisa kamu akses dengan atau tanpa internet loh. Jadi kamu tidak perlu khawatir apabila tidak ada koneksi internet untuk menjalankan aplikasi ini.

Cara Mengubah Word to PDF Secara Online

pixabay.com

Cara yang kedua yaitu melalui offline. Offline disini artinya kamu bisa menggunakannya kapan saja tanpa harus mengubungkannya dengan koneksi internet. Berikut cara mengubah word to PDF secara offline.

  1. Melalui MS Word

Cara pertama melalui MS Word. Pertama bukalah aplikasi kemudian pilih dokumen yang ingin diubah. Pilih menu “file” sebelah kiri atas aplikasi MS word. Jika sudah akan muncul berbagai pilihan, maka kamu pilih “save as”. selanjutnya akan muncul beberapa opsi pilih bagian “save as type” kemudian “PDF” setelahnya kamu pilih “save”. Dengan demikian file dengan format baru PDF sudah jadi. Selanjutnya kamu bisa menggunakannya.

Cara diatas bisa gunakan untuk MS word dibawah 2010. Apabila kamu menggunakan MS word keluaran di atas 2010 maka ada sedikit perbedaan. Bedanya bagian “save as” yang akan langsung menyimpan file tanpa harus ada lagi opsi “save” untuk benar-benar menyimpan file yang diinginkan.

  1. Melalui Foxit Reader

Foxit reader merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membuka PDF. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengonversi berbagai file kedalam bentuk PDF. Salah satunya adalah MS Word. Jika kamu menggunakan ini maka langkah pertama carilah file yang diinginkan kemudian klik kanan.

Ketika klik kanan akan muncul berbagai opsi. Pilihlah opsi “covert to PDF in Foxit Reader”. Jika sudah maka secara otomatis aplikasi akan terbuka menampilkan file yang telah dikonversi. Terakhir kamu bisa menyimpan file dengan klik “save”.

Nah itu tadi cara mengubah word to PDF online maupun offline. Kamu bisa memilih beberapa cara di atas yang menurut mu paling mudah dan praktis untuk mempercepat pekerjaan mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *